PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI SISTEM PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINKS PAIR SHARE PADA SISWA KELAS IV SDN 3 TLOGOSARI KECAMATAN SUMBERMALANG SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2013-2014

  • S Suhartoni FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. PKn di SD bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dalam memahami dan menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam rangka pembentukan sikap dan perilaku sebagai pribadi, anggota msyarakat, dan warga negara yang bertanggung jawab serta memberi bekal kemampuan untuk mengikuti pendidikan pada jenjang pendidikan selanjutnya. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan sarana dan prasarana penunjang, seperti kurikulum, guru pengajar maupun Metode Pengajaran. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe thinks pair share pada siswa kelas IV SDN 3 Tlogosari Kecamatan Sumbermalangsemester II tahun pelajaran 2013-2014 untuk meningkatkan hasil belajar PKn standar kompetensi sistem pemerintahan desa dan kecamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model pengajaran Thinks Pair Share memiliki dampak positif dalam meningkatkan Hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PKn Standar Kompetensi Memahami Sistim Pemerintahan Desa dan kecamatan. Hal ini dapat dilihat dari semakain mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari siklus I sampai II). Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, tipe thinks pair share


Author Biography

S Suhartoni, FKIP UNEJ

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI SISTEM PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINKS PAIR SHARE

PADA SISWA KELAS IV SDN 3 TLOGOSARI KECAMATAN SUMBERMALANG SEMESTER II

TAHUN PELAJARAN 2013-2014

 

Suhartoni[1]

 

Abstrak. PKn di SD bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dalam memahami dan menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam rangka pembentukan sikap dan perilaku sebagai pribadi, anggota msyarakat, dan warga negara yang bertanggung jawab serta memberi bekal kemampuan untuk mengikuti pendidikan pada jenjang pendidikan selanjutnya. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan sarana dan prasarana penunjang, seperti kurikulum, guru pengajar maupun Metode Pengajaran. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe thinks pair share pada siswa kelas IV SDN 3 Tlogosari Kecamatan Sumbermalang semester II tahun pelajaran 2013-2014 untuk meningkatkan hasil belajar PKn standar kompetensi sistem pemerintahan desa dan kecamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model pengajaran Thinks Pair Share memiliki dampak positif dalam meningkatkan Hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PKn Standar Kompetensi Memahami Sistim Pemerintahan Desa dan kecamatan. Hal ini dapat dilihat dari semakain mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari siklus I sampai II). Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, tipe thinks pair share


[1] Kepala SDN 03 Tlogosari

Published
2016-02-01
How to Cite
SUHARTONI, S. PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI SISTEM PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINKS PAIR SHARE PADA SISWA KELAS IV SDN 3 TLOGOSARI KECAMATAN SUMBERMALANG SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 13-28, feb. 2016. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/2600>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles