PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS XA DI SMA YAPIS MANOKWARI

  • I Iwan FKIP UNIPA
  • Hengky L Wambraw FKIP UNIPA
  • Sitti Sarah Fidmatan FKIP UNIPA

Abstract

Abstrak. Penelitian ini menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dengan materi yang digunakan yaitu pencemaran lingkungan.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar Biologi siswa di kelas XA SMA YAPIS Manokwari. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas XA SMA YAPIS Manokwari dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang. Teknik pengumpulan datanya diperoleh melalui observasi, angket, studi dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran   kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan minat dan hasil belajar Biologi siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas XA di SMA YAPIS Manokwari. Dimana minat belajar siswa  tergolong sangat baik dari Siklus I 86,95% meningkat menjadi 95,65% pada Siklus II, dan mengalami peningkatan sebesar 8,7%.  Hasil belajar kognitif siswa pada siklus I mencapai 69,57% meningkat menjadi 82,61% pada siklus II, atau mengalami peningkatan sebesar 13.04% sehingga memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Kata Kunci: Talking Stick, Minat, Hasil belajar biologi, Siswa SMA Yapis

Author Biography

I Iwan, FKIP UNIPA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS XA DI SMA YAPIS MANOKWARI

Iwan[1], Hengky L.Wambrauw[2], Sitti Sarah Fidmatan[3]

Abstrak. Penelitian ini menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dengan materi yang digunakan yaitu pencemaran lingkungan.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar Biologi siswa di kelas XA SMA YAPIS Manokwari. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas XA SMA YAPIS Manokwari dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang. Teknik pengumpulan datanya diperoleh melalui observasi, angket, studi dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran   kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan minat dan hasil belajar Biologi siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas XA di SMA YAPIS Manokwari. Dimana minat belajar siswa  tergolong sangat baik dari Siklus I 86,95% meningkat menjadi 95,65% pada Siklus II, dan mengalami peningkatan sebesar 8,7%.  Hasil belajar kognitif siswa pada siklus I mencapai 69,57% meningkat menjadi 82,61% pada siklus II, atau mengalami peningkatan sebesar 13.04% sehingga memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Kata Kunci: Talking Stick, Minat, Hasil belajar biologi, Siswa SMA Yapis

[1] Dosen Pendidikan Biologi FKIP UNIPA

[2] Dosen Pendidikan Biologi FKIP UNIPA

[3] Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNIPA

Published
2016-02-01
How to Cite
IWAN, I; WAMBRAW, Hengky L; FIDMATAN, Sitti Sarah. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS XA DI SMA YAPIS MANOKWARI. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 1-12, feb. 2016. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/2598>. Date accessed: 22 nov. 2024.
Section
Articles