-
Arika Indah Kristiana
FKIP UNEJ
Abstract
Abstrak. Belajar matematika adalah belajar konsep dan teknik penyelesaian, dalam pemahamam materi dan teknik menyelesaikannya setiap siswa akan berbeda-beda sesuai dengan tingkat kognitif siswa. Dalam penelitian ini akan dikembangkan model pembelajaran matematika berstandar NCTM dengan nuansa Cognitive Load theory yang diharapkan mampu meningkatkan pemahaman konsep matematika di SMK. Model pembelajaran yang dikembangkan diharapkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Model pembelajaran yang dikembangkan selain memperhatikan prinsip-prinsip dalam CLT juga komponen-komponen dalam NCTM yang meliputi tuas, penciptaan wacana, penciptaan lingkungan dan analisis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 5 fase, yaitu (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi,(4) tes, evaluasi dan revisi, dan (5) implementasi. Hasil validasi diperoleh rata-rata dari seluruh aspek adalah 3,39 > 3 yang sesuai dengan kategori termasuk valid. Produk berupa buku model pembelajaran berstandar NCTM dengan nuansa Cognitive Load Theory adalah valid. Dengan adanya model pembelajaran matematika berstandar NCTM dengan nuansa Cognitive Load Theory diharapkan adanya variasi dalam pembelajaran matematika di SMK.
Kata kunci: standar NCTM, Cognitive Load Theory, matematika SMK
Author Biography
Arika Indah Kristiana, FKIP UNEJ
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA
BERSTANDAR NCTM BERNUANSA COGNITIVE LOAD THEORY
UNTUK SMK KELAS X
Arika Indah Kristiana[1]
Abstrak. Belajar matematika adalah belajar konsep dan teknik penyelesaian, dalam pemahamam materi dan teknik menyelesaikannya setiap siswa akan berbeda-beda sesuai dengan tingkat kognitif siswa. Dalam penelitian ini akan dikembangkan model pembelajaran matematika berstandar NCTM dengan nuansa Cognitive Load theory yang diharapkan mampu meningkatkan pemahaman konsep matematika di SMK. Model pembelajaran yang dikembangkan diharapkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Model pembelajaran yang dikembangkan selain memperhatikan prinsip-prinsip dalam CLT juga komponen-komponen dalam NCTM yang meliputi tuas, penciptaan wacana, penciptaan lingkungan dan analisis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 5 fase, yaitu (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi,(4) tes, evaluasi dan revisi, dan (5) implementasi. Hasil validasi diperoleh rata-rata dari seluruh aspek adalah 3,39 > 3 yang sesuai dengan kategori termasuk valid. Produk berupa buku model pembelajaran berstandar NCTM dengan nuansa Cognitive Load Theory adalah valid. Dengan adanya model pembelajaran matematika berstandar NCTM dengan nuansa Cognitive Load Theory diharapkan adanya variasi dalam pembelajaran matematika di SMK.
Kata kunci: standar NCTM, Cognitive Load Theory, matematika SMK
[1] Dosen Pendidikan Matematika FKIP UNEJ