PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERSTANDAR NCTM BERNUANSA COGNITIVE LOAD THEORY UNTUK SMK KELAS X

  • Arika Indah Kristiana FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Belajar matematika adalah belajar konsep dan teknik penyelesaian, dalam pemahamam materi dan teknik menyelesaikannya setiap siswa akan berbeda-beda sesuai dengan tingkat kognitif siswa. Dalam penelitian ini akan dikembangkan model pembelajaran matematika berstandar NCTM dengan nuansa Cognitive Load theory yang diharapkan mampu meningkatkan pemahaman konsep matematika di SMK. Model pembelajaran yang dikembangkan diharapkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Model pembelajaran yang dikembangkan selain memperhatikan prinsip-prinsip dalam CLT juga komponen-komponen dalam NCTM yang meliputi tuas, penciptaan wacana, penciptaan lingkungan dan analisis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 5 fase, yaitu (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi,(4) tes, evaluasi dan revisi, dan (5) implementasi. Hasil validasi diperoleh rata-rata dari seluruh aspek adalah 3,39 > 3 yang sesuai dengan kategori termasuk valid. Produk berupa buku model pembelajaran berstandar NCTM dengan nuansa Cognitive Load Theory adalah valid. Dengan adanya model pembelajaran matematika berstandar NCTM dengan nuansa Cognitive Load Theory diharapkan adanya variasi dalam pembelajaran matematika di SMK.

Kata kunci: standar NCTM, Cognitive Load Theory, matematika SMK

 

Author Biography

Arika Indah Kristiana, FKIP UNEJ

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA

BERSTANDAR NCTM BERNUANSA COGNITIVE LOAD THEORY

UNTUK SMK KELAS X

 

Arika Indah Kristiana[1]

 

Abstrak. Belajar matematika adalah belajar konsep dan teknik penyelesaian, dalam pemahamam materi dan teknik menyelesaikannya setiap siswa akan berbeda-beda sesuai dengan tingkat kognitif siswa. Dalam penelitian ini akan dikembangkan model pembelajaran matematika berstandar NCTM dengan nuansa Cognitive Load theory yang diharapkan mampu meningkatkan pemahaman konsep matematika di SMK. Model pembelajaran yang dikembangkan diharapkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Model pembelajaran yang dikembangkan selain memperhatikan prinsip-prinsip dalam CLT juga komponen-komponen dalam NCTM yang meliputi tuas, penciptaan wacana, penciptaan lingkungan dan analisis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 5 fase, yaitu (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi,(4) tes, evaluasi dan revisi, dan (5) implementasi. Hasil validasi diperoleh rata-rata dari seluruh aspek adalah 3,39 > 3 yang sesuai dengan kategori termasuk valid. Produk berupa buku model pembelajaran berstandar NCTM dengan nuansa Cognitive Load Theory adalah valid. Dengan adanya model pembelajaran matematika berstandar NCTM dengan nuansa Cognitive Load Theory diharapkan adanya variasi dalam pembelajaran matematika di SMK.

Kata kunci: standar NCTM, Cognitive Load Theory, matematika SMK

 


[1] Dosen Pendidikan Matematika FKIP UNEJ

Published
2015-11-01
How to Cite
KRISTIANA, Arika Indah. PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERSTANDAR NCTM BERNUANSA COGNITIVE LOAD THEORY UNTUK SMK KELAS X. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 91-98, nov. 2015. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/2181>. Date accessed: 28 apr. 2024.
Section
Articles