PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IIIA SDN SEMBORO 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014

  • K Kasmiati FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Tujuan pembelajaran IPS adalah untuk membina anak didik menjadi warga negara yang baik yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kepedulian sosial yang berguna bagi dirinya serta bagi masyarakat. Namun Pada kenyataannya seperti yang dialami oleh SDN Semboro 01 Jember ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPS siswa kelas IIIA masih kurang optimal, dikarenakan minimnya strategi yang dilakukan guru saat mengajar. Sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Maka dari itu diadakan penelitian dengan menggunakan model cooperative learning tipe Teams Game Tournament. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana penerapan model model cooperative learning tipe Teams Game Tournament, aktivitas siwa dan hasil belajar IPS siswa kelas IIIA SDN Semboro 01 Jember tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model cooperative learning tipe Teams Game Tournament, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS siswa kelas IIIA SDN Semboro 01 Jember tahun pelajaran 2013/2014. Rancangan  penelitian ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas dengan  tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas IIIA SDN Semboro 01 Jember yang berjumlah 45 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada pelaksanaan  siklus  I  sebesar  70%  dengan kategori aktif dan  terjadi  peningkatan  pada  siklus  II  sebesar  90%  dengan  kategori  sangat aktif. Sedangkan peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari ketuntasan klasikal siklus I mendapatkan persentase ketuntasan belajar sebesar 66,7%, kemudian meningkat pada siklus II yaitu sebesar 88,9%.

Kata Kunci: Model Cooperative Learning, Teams Games Tournament, Hasil Belajar IPS

Author Biography

K Kasmiati, FKIP UNEJ

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IIIA SDN SEMBORO 01 JEMBER

TAHUN PELAJARAN 2013/2014

 

Kasmiati[1]

Abstrak. Tujuan pembelajaran IPS adalah untuk membina anak didik menjadi warga negara yang baik yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kepedulian sosial yang berguna bagi dirinya serta bagi masyarakat. Namun Pada kenyataannya seperti yang dialami oleh SDN Semboro 01 Jember ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPS siswa kelas IIIA masih kurang optimal, dikarenakan minimnya strategi yang dilakukan guru saat mengajar. Sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Maka dari itu diadakan penelitian dengan menggunakan model cooperative learning tipe Teams Game Tournament. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana penerapan model model cooperative learning tipe Teams Game Tournament, aktivitas siwa dan hasil belajar IPS siswa kelas IIIA SDN Semboro 01 Jember tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model cooperative learning tipe Teams Game Tournament, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS siswa kelas IIIA SDN Semboro 01 Jember tahun pelajaran 2013/2014. Rancangan  penelitian ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas dengan  tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas IIIA SDN Semboro 01 Jember yang berjumlah 45 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada pelaksanaan  siklus  I  sebesar  70%  dengan kategori aktif dan  terjadi  peningkatan  pada  siklus  II  sebesar  90%  dengan  kategori  sangat aktif. Sedangkan peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari ketuntasan klasikal siklus I mendapatkan persentase ketuntasan belajar sebesar 66,7%, kemudian meningkat pada siklus II yaitu sebesar 88,9%.

Kata Kunci: Model Cooperative Learning, Teams Games Tournament, Hasil Belajar IPS


[1] Guru Kelas III SDN Semboro 01 Jember

Published
2015-11-01
How to Cite
KASMIATI, K. PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IIIA SDN SEMBORO 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 79-90, nov. 2015. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/2180>. Date accessed: 24 nov. 2024.
Section
Articles