PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IIIA SDN SEMBORO 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Abstrak. Tujuan pembelajaran IPS adalah untuk membina anak didik menjadi warga negara yang baik yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kepedulian sosial yang berguna bagi dirinya serta bagi masyarakat. Namun Pada kenyataannya seperti yang dialami oleh SDN Semboro 01 Jember ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPS siswa kelas IIIA masih kurang optimal, dikarenakan minimnya strategi yang dilakukan guru saat mengajar. Sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Maka dari itu diadakan penelitian dengan menggunakan model cooperative learning tipe Teams Game Tournament. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana penerapan model model cooperative learning tipe Teams Game Tournament, aktivitas siwa dan hasil belajar IPS siswa kelas IIIA SDN Semboro 01 Jember tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model cooperative learning tipe Teams Game Tournament, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS siswa kelas IIIA SDN Semboro 01 Jember tahun pelajaran 2013/2014. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas IIIA SDN Semboro 01 Jember yang berjumlah 45 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada pelaksanaan siklus I sebesar 70% dengan kategori aktif dan terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 90% dengan kategori sangat aktif. Sedangkan peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari ketuntasan klasikal siklus I mendapatkan persentase ketuntasan belajar sebesar 66,7%, kemudian meningkat pada siklus II yaitu sebesar 88,9%.
Kata Kunci: Model Cooperative Learning, Teams Games Tournament, Hasil Belajar IPS