PENERAPAN METODE MEMBACA GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS I SDN 01 SEMBORO KABUPATEN JEMBER

  • Dyah Wahyuning FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran wajib yang diterima siswa dari kelas I SD (Sekolah Dasar) sampai SMA (Sekolah Menengah Atas). Kegiatan berbahasa terdiri dalam empat aspek keterampilan berbahasa, yakni keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.Untuk meningkatkan kemempuan membaca dan memulis pemula membutuhkan metode yang sesuai salah satunya adalah metode membaca global. “Metode global adalah metode yang melihat segala sesuatu sebagai keseluruhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan metode membaca global pada  siswa kelas I  SDN 01 Semboro Kabupaten Jember, mengetahui peningkatan kemampuan membaca siswa setelah penerapan metode membaca global pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas I  SDN 01 Semboro Kabupaten Jember.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas I SDN 01 Semboro Kabupaten Jember yang berjumlah 30 siswa, siswa laki laki berjumlah 16 dan siswa perempuan 14. Penerapan Metode Membaca Global dapat meningkatkan kemampuan membaca dalam pembelajaran. Pada siklus Isiswa yang tuntas ada 20 siswa, ketuntasan membaca siswa adalah 67%. Pada siklusII siswa yang tuntas mengalami peningkatan dari 20 menjadi 27 siswa, ketuntasan membaca siswa adalah 90%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Kemampuan membaca selama pembelajaran dengan penerapan Metode Membaca Global meningkat dan dikatakan tuntas.

Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Metode Mambaca Global

Author Biography

Dyah Wahyuning, FKIP UNEJ

PENERAPAN METODE MEMBACA GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS I  SDN 01 SEMBORO

KABUPATEN JEMBER

Dyah Wahyuning[1]

Abstrak. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran wajib yang diterima siswa dari kelas I SD (Sekolah Dasar) sampai SMA (Sekolah Menengah Atas). Kegiatan berbahasa terdiri dalam empat aspek keterampilan berbahasa, yakni keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.Untuk meningkatkan kemempuan membaca dan memulis pemula membutuhkan metode yang sesuai salah satunya adalah metode membaca global. “Metode global adalah metode yang melihat segala sesuatu sebagai keseluruhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan metode membaca global pada  siswa kelas I  SDN 01 Semboro Kabupaten Jember, mengetahui peningkatan kemampuan membaca siswa setelah penerapan metode membaca global pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas I  SDN 01 Semboro Kabupaten Jember.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas I SDN 01 Semboro Kabupaten Jember yang berjumlah 30 siswa, siswa laki laki berjumlah 16 dan siswa perempuan 14. Penerapan Metode Membaca Global dapat meningkatkan kemampuan membaca dalam pembelajaran. Pada siklus Isiswa yang tuntas ada 20 siswa, ketuntasan membaca siswa adalah 67%. Pada siklusII siswa yang tuntas mengalami peningkatan dari 20 menjadi 27 siswa, ketuntasan membaca siswa adalah 90%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Kemampuan membaca selama pembelajaran dengan penerapan Metode Membaca Global meningkat dan dikatakan tuntas.

Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Metode Mambaca Global


[1]Guru Kelas I SDN 01 Semboro Jember

Published
2015-11-01
How to Cite
WAHYUNING, Dyah. PENERAPAN METODE MEMBACA GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS I SDN 01 SEMBORO KABUPATEN JEMBER. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 59-68, nov. 2015. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/2178>. Date accessed: 28 apr. 2024.
Section
Articles