GUIDED INQUIRY BERBASIS WEB DITINJAU DARI MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA 2014/2015
Abstract
Abstrak. Pembelajaran merupakan suatu proses belajar mengajar antara dosen dengan mahasiswa yang direncanakan untuk mencapai tujuan. Namun pada kenyataannya masih terdapat banyak permasalahan yang terjadi dalam proses belajar mengajar. Permasalahan tersebut disebabkan oleh faktor dari dalam maupun faktor dari luar. Faktor dari dalam antara lain minat, bakat, kecerdasan, dan motivasi. Sedangkan faktor dari luar salah satunya adalah kurang tepatnya dosen dalam menggunakan metode pembelajaran. Adanya masalah yang dihadapi mahasiswa tersebut mengakibatkan rendahnya prestasi belajar yang dicapai oleh mahasiswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian menggunakan metode guided inquiry dan variasi media pembelajaran berbasis web serta memperhatikan motivasi dan prestasi belajar mahasiswa, karena penggunaan teknologi informasi dalam dunia pendidikan saat ini sangat dibutuhkan, mengingat semakin diharapkannya kecepatan dan keakuratan dalam penyampaian informasi pada proses pembelajaran. Media pembelajaran berbasis web pada saat ini dikembangkan dengan pemanfaatan komputer sebagai panduan (computer assisted instruction). Dosen sebagai fasilitator dapat mengkonstruksi pembelajaran berbasis web yang dapat dilakukan oleh mahasiswa secara mandiri. Mengingat pentingnya pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika, maka dengan perkembangan teknologi komputer dan dengan menggunakan metode pembelajaran guided inquiry, kita dapat mewujudkan konsep-konsep matematika yang abstrak tersebut menjadi konkret dengan visualisasi yang statis maupun dinamis (animasi), lebih-lebih jika disajikan dalam bentuk desain web yang dinamis dan interaktif, sehingga pembelajaran matematika tidak lagi terkesan membosankan bagi mahasiswa, tetapi pembelajaran terkesan menarik dan berdampak positif pada prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi seluruh mahasiswa teknik informatika semester 2 tahun 2014/2015. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas A dan B yang ditentukan dengan metode cluster random sampling. Kelas A menggunakan media pembelajaran berbasis web sedangkan kelas B tanpa menggunakan media pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan metode tes untuk prestasi belajar dan angket untuk motivasi belajar. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan analisis variansi dua jalan dengan desain faktorial (2 x 2).Dari hasil analisis data yang dilakukan dapat diperoleh kesimpulan: (1) tidak ada pengaruh penggunaan guided inquiry berbasis web terhadap prestasi belajar matematika mahasiswa. (2) tidak ada pengaruh motivasi belajar kategori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar matematika mahasiswa. (3) tidak ada interaksi antara penggunaan guided inquiry berbasis web dengan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika mahasiswa.
Kata kunci: Guided Inquiry, Berbasis Web, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar