PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI BEBAS DIMODIFIKASI DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA PADA PRAKTIKUM FISIOLOGI TUMBUHAN
Abstract
Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran inkuiri bebas dimodifikasi dan kemampuan memecahkan masalah terhadap keterampilan proses sains mahasiswa pada praktikum fisiologi tumbuhan. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Data dianalisis menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran inkuiri bebas dimodifikasi terhadap keterampilan proses sains mahasiswa, (2) terdapat perbedaan keterampilan proses sains mahasiswa yang memiliki kemampuan memecahkan masalah tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang memiliki kemampuan memecahkan masalah rendah, dan (3) terdapat interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran inkuiri bebas dimodifikasi dan kemampuan memecahkan masalah mahasiswa terhadap keterampilan proses sains mahasiswa.Kata kunci: Inkuiri Bebas Dimodifikasi, Kemampuan memecahkan Masalah, Keterampilan Proses Sains, Fisiologi Tumbuhan
Published
2015-08-01
How to Cite
DAMOPOLII, Insar; HASAN, Ani; KANDOWANGKO, Novri.
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI BEBAS DIMODIFIKASI DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA PADA PRAKTIKUM FISIOLOGI TUMBUHAN.
Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 191-200, aug. 2015.
ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/1724>. Date accessed: 22 dec. 2024.
Issue
Section
Articles