PENINGKATAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN SIFAT WAJIB ALLAH DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERNYANYI DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS 3 SDN SIDOMEKAR 08 JEMBER
Abstract
Abstrak Hasil evaluasi atas proses pembelajaran pada siswa Kelas 3 SDN Sidomekar 08 semester I tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 25 anak pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Sifat wajib Allah SWT nilai yang diperoleh siswa masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Standar ketuntasan minimal nilai siswa secara individu adalah 70, secara klasikal nilai ketuntasan minimal harus mencapai 75% dari jumlah siswa, sedangkan pada kenyataannya hanya 5 siswa (20%) yang tuntas nilainya, sedangkan sejumlah 20 siswa (80%) masih mendapatkan nilai dibawah ketuntasan minimal. Untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran, penulis melaksanakan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada materi sifat wajib Allah SWT dengan strategi pembelajaran bernyanyi dengan harapan melalui strategi ini siswa akan merasa senang dan lebih mudah menghafal karena karakteristik siswa keras rendah adalah bermain sambil belajar. Berkaitan dengan hal tersebut di atas peneliti dapat memberikan gambaran tentang tujuan ini yang menyangkut berbagai aspek. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar Sifat Wajib Allah dengan strategi pembelajaran Bernyanyi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas 3 SDN Sidomekar 08 Semboro, Jember. Berdasarkan hasil tes siswa tiap siklus (siklus I dan siklus II) mengalami peningkatan. Dari tabel rangkuman hasil nilai siswa. Siswa yang tuntas belajar meningkat dari 84% menjadi 100%.Kata Kunci : Aktivitas Hasil Belajar, Sifat Wajib ALLAH, Strategi Pembelajaran Bernyanyi
Published
2015-08-01
How to Cite
SOLEHAH, Siti.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN SIFAT WAJIB ALLAH DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERNYANYI DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS 3 SDN SIDOMEKAR 08 JEMBER.
Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 181-190, aug. 2015.
ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/1723>. Date accessed: 22 nov. 2024.
Issue
Section
Articles