MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DENGAN PERMAINAN TEMBAR PADA SISWA KELAS 4 A SDN SEMBORO 01 JEMBER

  • S Suparmini FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Hasil belajar IPS siswa kelas 4 A SDN Semboro 01 masih sangat kurang dari KKM yang di tentukan guru. Dari 21 siswa hanya 45% siswa yang memperoleh nilai di atas KKM, 65% siswa yang lain masih mendapatkan nilai rendah. Dari hasil pengamatan di ketahui bahwa faktor penyebab rendahnya nilai hasil belajar siswa ini dikarenakan beberapa faktor diantaranya yaitu IPS merupakan pelajaran yang membosankan bagi siswa karena harus menghafal. Kemampuan memahami dan menghafal siswa kelas 4 A SDN Semboro 01 memang sangat rendah, siswa lebih tertarik dengan pelajaran yang tidak memerlukan hafalan. Untuk itu guru berupaya menciptakan inovasi pembelajaran yang diharapkan mampu menciptakan suasana yang menyenangkan dan membuat IPS menjadi mata pelajaran yang diharapkan siswa dengan menggunakan permainan menempel gambar dalam proses pembelajaran IPS keragaman suku bangsa dan budaya. Melalui permainan ini peneliti berharap siswa akan lebih mudah dan faham tentang materi tanpa harus bersusah payah menghafal, dengan permainan yang menyenangkan ini siswa akan menghafal dengan sendirinya tanpa dibebani rasa bosan mengingat banyak sekali ragam budaya yang harus di pahami oleh siswa dalam materi pembelajaran ini. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (a) penerapan pembelajaran IPS dengan pernaian Tembar pada siswa kelas IVA SDN Semboro 01 Jember, (b) Aktivitas siswa selama penerapan pembelajaran IPS dengan pernaian Tembar pada siswa kelas IVA SDN Semboro 01 Jember, (c) motivasi dan hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran IPS dengan pernaian Tembar pada siswa kelas IVA SDN Semboro 01 Jember. Berdasarkan hasil tes siswa tiap siklus (siklus I dan siklus II) mengalami peningkatan. Dari tabel rangkuman hasil nilai siswa berdasarkan kriteria nilai juga mengalami peningkatan. Kriteria nilai kurang Prasiklus 10%, siklus I 0% dan siklus II 0%. Kriteria nilai cukup Prasiklus 90%, siklus I 71%, dan siklus II 10%. Kriteria nilai baik Prasiklus 0%, siklus I 29%, dan siklus II 86%. Kriteria nilai baik sekali 5% dicapai pada siklus ke dua. Dengan demikian, dapat sisimpulkan bahwa penerapan metode Tembar pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV A SDN Semboro 01 Jember.

Kata kunci: Motivasi dan Hasil Belajar, IPS, Permainan Tembar

Author Biography

S Suparmini, FKIP UNEJ
MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DENGAN PERMAINAN TEMBAR PADA SISWA KELAS 4 A SDN SEMBORO 01 JEMBER Suparmini Abstrak. Hasil belajar IPS siswa kelas 4 A SDN Semboro 01 masih sangat kurang dari KKM yang di tentukan guru. Dari 21 siswa hanya 45% siswa yang memperoleh nilai di atas KKM, 65% siswa yang lain masih mendapatkan nilai rendah. Dari hasil pengamatan di ketahui bahwa faktor penyebab rendahnya nilai hasil belajar siswa ini dikarenakan beberapa faktor diantaranya yaitu IPS merupakan pelajaran yang membosankan bagi siswa karena harus menghafal. Kemampuan memahami dan menghafal siswa kelas 4 A SDN Semboro 01 memang sangat rendah, siswa lebih tertarik dengan pelajaran yang tidak memerlukan hafalan. Untuk itu guru berupaya menciptakan inovasi pembelajaran yang diharapkan mampu menciptakan suasana yang menyenangkan dan membuat IPS menjadi mata pelajaran yang diharapkan siswa dengan menggunakan permainan menempel gambar dalam proses pembelajaran IPS keragaman suku bangsa dan budaya. Melalui permainan ini peneliti berharap siswa akan lebih mudah dan faham tentang materi tanpa harus bersusah payah menghafal, dengan permainan yang menyenangkan ini siswa akan menghafal dengan sendirinya tanpa dibebani rasa bosan mengingat banyak sekali ragam budaya yang harus di pahami oleh siswa dalam materi pembelajaran ini. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (a) penerapan pembelajaran IPS dengan pernaian Tembar pada siswa kelas IVA SDN Semboro 01 Jember, (b) Aktivitas siswa selama penerapan pembelajaran IPS dengan pernaian Tembar pada siswa kelas IVA SDN Semboro 01 Jember, (c) motivasi dan hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran IPS dengan pernaian Tembar pada siswa kelas IVA SDN Semboro 01 Jember. Berdasarkan hasil tes siswa tiap siklus (siklus I dan siklus II) mengalami peningkatan. Dari tabel rangkuman hasil nilai siswa berdasarkan kriteria nilai juga mengalami peningkatan. Kriteria nilai kurang Prasiklus 10%, siklus I 0% dan siklus II 0%. Kriteria nilai cukup Prasiklus 90%, siklus I 71%, dan siklus II 10%. Kriteria nilai baik Prasiklus 0%, siklus I 29%, dan siklus II 86%. Kriteria nilai baik sekali 5% dicapai pada siklus ke dua. Dengan demikian, dapat sisimpulkan bahwa penerapan metode Tembar pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV A SDN Semboro 01 Jember. Kata kunci: Motivasi dan Hasil Belajar, IPS, Permainan Tembar
Published
2015-08-01
How to Cite
SUPARMINI, S. MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DENGAN PERMAINAN TEMBAR PADA SISWA KELAS 4 A SDN SEMBORO 01 JEMBER. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 161-170, aug. 2015. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/1721>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles