PENERAPAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN SIDOMULYO 03 SEMBORO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

  • Sri Wahyuni FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Pendidikan Kewarganegaraan merupakan usaha untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antara warga negara yang diandalkan oleh bangsa dan negara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi Think Talk Write, aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Sidomulyo 03 Semboro tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan strategi Think Talk Write, aktivitas siswa, dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Sidomulyo 03 Semboro tahun pelajaran 2013/2014. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Sidomulyo 03 Semboro yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keaktifan siswa pada siklus I menunjukkan yang sangat aktif hanya 2 siswa atau 8%, cukup aktif sebanyak 10 siswa atau 40%, sedangkan yang kurang aktif sebanyak 13 siswa atau 52%. Pada siklus II sangat aktif sebanyak 17 siswa 68%, yang cukup aktif sebanyak 4 siswa atau 16%, dan yang kurang aktif 4 siswa atau 16%, sedangkan peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas terjadi peningkatan yaitu pada kondisi awal sebesar 63,88, siklus I 67 dan pada siklus II naik menjadi 80. Untuk siswa tuntas belajar (nilai ketuntasan ≥70) pada kondisi awal 24%, tes siklus I 52%, dan pada siklus II sebesar 84%. Data tersebut telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu sebesar 75%.

Kata Kunci: Think Talk Write, hasil belajar

Author Biography

Sri Wahyuni, FKIP UNEJ
PENERAPAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN SIDOMULYO 03 SEMBORO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Sri Wahyuni Abstrak. Pendidikan Kewarganegaraan merupakan usaha untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antara warga negara yang diandalkan oleh bangsa dan negara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi Think Talk Write, aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Sidomulyo 03 Semboro tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan strategi Think Talk Write, aktivitas siswa, dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Sidomulyo 03 Semboro tahun pelajaran 2013/2014. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Sidomulyo 03 Semboro yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keaktifan siswa pada siklus I menunjukkan yang sangat aktif hanya 2 siswa atau 8%, cukup aktif sebanyak 10 siswa atau 40%, sedangkan yang kurang aktif sebanyak 13 siswa atau 52%. Pada siklus II sangat aktif sebanyak 17 siswa 68%, yang cukup aktif sebanyak 4 siswa atau 16%, dan yang kurang aktif 4 siswa atau 16%, sedangkan peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas terjadi peningkatan yaitu pada kondisi awal sebesar 63,88, siklus I 67 dan pada siklus II naik menjadi 80. Untuk siswa tuntas belajar (nilai ketuntasan ≥70) pada kondisi awal 24%, tes siklus I 52%, dan pada siklus II sebesar 84%. Data tersebut telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu sebesar 75%. Kata Kunci: Think Talk Write, hasil belajar
Published
2015-08-01
How to Cite
WAHYUNI, Sri. PENERAPAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN SIDOMULYO 03 SEMBORO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 99-108, aug. 2015. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/1715>. Date accessed: 22 dec. 2024.
Section
Articles