MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DALAM MENDESKRIPSIKAN BENDA-BENDA DI SEKITAR MELALUI PERMAINAN TEBAK GAMBAR PADA SISWA KELAS 1 SDN SEMBORO 02 JEMBER

  • K Kasmirah FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Siswa kelas 1 di SD Negeri Semboro 02 sebagian besar adalah siswa yang telah mengenal pendidikan TK, dengan tingkat kesadaran akan pentingnya pendidikan yang sudah cukup memadai, namun siswa kelas 1 masih mengalami kesulitan dalam hal memahami makna dan maksud dari kalimat-kalimat yang di baca karena mereka hanya membaca sekedar membaca. Siswa mengalami kesulitan ketika harus membaca kata-kata yang agak panjang sehingga apa yang hendak disampaikan masih sulit dipahami. Sebagian siswa juga menunjukkan indikasi malu kepada guru sehingga ketika guru memberikan bimbigan individu siswa justru diam. Melihat kondisi siswa yang lemah dalam hal pemahaman isi dan maksud kalimat merupakan tantangan berat bagi guru kelas 1 adalah dalam menyampaikan materi deskripsi benda karena siswa dihadapkan pada rangkain kalimat yang ujung-ujungnya merupakan petunjuk tentang sebuah benda yang harus di tebak dengan benar. Design solusi pemecahan masalah tersebut berupa permainan tebak gambar yang akan membuat siswa tertarik dan membuat pembelajaran yang sebelumnya dianggap sulit dan membosankan menjadi menyenangkan bagi siswa. Berdasarkan rumusan pokok-pokok masalah tersebut di atas, maka dapatlah dirumuskan tujuan-tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui bahwa permainan tebak gambar dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia mendeskripsikan benda-benda di sekitar pada siswa kelas 1 SDN Semboro 02 Jember. Pada siklus I siswa yang mendapat nilai ≥ 70 masih 6 anak dari jumlah 26 siswa atau 23,07%. Berarti siswa yang belum memperoleh nilai <70 masih 20 anak atau 76,93%. Sedangkan perbaikan pembelajaran pada siklus II peningkatannya cukup signifikan yaitu yang memperoleh nilai ≥70 sebanyak 21 siswa atau 80,76 %, berarti tinggal 19,24% siswa yang mendapat nilai <70.

Kata kunci: Hasil Belajar, Mendeskripsikan benda-benda di sekitar, Permainan Tebak Gambar

Author Biography

K Kasmirah, FKIP UNEJ
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DALAM MENDESKRIPSIKAN BENDA-BENDA DI SEKITAR MELALUI PERMAINAN TEBAK GAMBAR PADA SISWA KELAS 1 SDN SEMBORO 02 JEMBER Kasmirah Abstrak. Siswa kelas 1 di SD Negeri Semboro 02 sebagian besar adalah siswa yang telah mengenal pendidikan TK, dengan tingkat kesadaran akan pentingnya pendidikan yang sudah cukup memadai, namun siswa kelas 1 masih mengalami kesulitan dalam hal memahami makna dan maksud dari kalimat-kalimat yang di baca karena mereka hanya membaca sekedar membaca. Siswa mengalami kesulitan ketika harus membaca kata-kata yang agak panjang sehingga apa yang hendak disampaikan masih sulit dipahami. Sebagian siswa juga menunjukkan indikasi malu kepada guru sehingga ketika guru memberikan bimbigan individu siswa justru diam. Melihat kondisi siswa yang lemah dalam hal pemahaman isi dan maksud kalimat merupakan tantangan berat bagi guru kelas 1 adalah dalam menyampaikan materi deskripsi benda karena siswa dihadapkan pada rangkain kalimat yang ujung-ujungnya merupakan petunjuk tentang sebuah benda yang harus di tebak dengan benar. Design solusi pemecahan masalah tersebut berupa permainan tebak gambar yang akan membuat siswa tertarik dan membuat pembelajaran yang sebelumnya dianggap sulit dan membosankan menjadi menyenangkan bagi siswa. Berdasarkan rumusan pokok-pokok masalah tersebut di atas, maka dapatlah dirumuskan tujuan-tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui bahwa permainan tebak gambar dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia mendeskripsikan benda-benda di sekitar pada siswa kelas 1 SDN Semboro 02 Jember. Pada siklus I siswa yang mendapat nilai ≥ 70 masih 6 anak dari jumlah 26 siswa atau 23,07%. Berarti siswa yang belum memperoleh nilai <70 masih 20 anak atau 76,93%. Sedangkan perbaikan pembelajaran pada siklus II peningkatannya cukup signifikan yaitu yang memperoleh nilai ≥70 sebanyak 21 siswa atau 80,76 %, berarti tinggal 19,24% siswa yang mendapat nilai <70. Kata kunci: Hasil Belajar, Mendeskripsikan benda-benda di sekitar, Permainan Tebak Gambar
Published
2015-08-01
How to Cite
KASMIRAH, K. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DALAM MENDESKRIPSIKAN BENDA-BENDA DI SEKITAR MELALUI PERMAINAN TEBAK GAMBAR PADA SISWA KELAS 1 SDN SEMBORO 02 JEMBER. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 79-88, aug. 2015. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/1713>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles