MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE TPS (Think Pair Share) PADA SISWA KELAS V SDN SIDOMEKAR 07 KECAMATAN SEMBORO KABUPATEN JEMBER

  • Kawit Supriana FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) diberikan sejak SD sampai SLTA. Dengan PKn seseorang akan memiliki kemampuan untuk mengenal dan memahami karakter dan budaya bangsa serta menjadikan warga negara yang siap bersaing di dunia internasional tanpa meninggalkan jati diri bangsa. PKn juga bermanfaat untuk membekali peserta didik agar memiliki kemampuan untuk mengelola dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti dan kompetitif. Pada kenyataannya, PKn dianggap ilmu yang sukar dan sulit dipahami. Berdasarkan pengamatan atau observasi pendahuluan yang peneliti lakukan, ditemukan bahwa siswa SDN Sidomekar 07 Semboro dalam melaksanakan diskusi kelas jarang sekali mengemukakan pendapat, mengajukan pertanyaan, apalagi mengajukan saran. Peneliti berusaha mencarikan model pembelajaran lain, sehingga pembelajaran lebih bermakna dan lebih berkualitas. Model pembelajaran yang akan di coba untuk melakukannya adalah model pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 Siklus. Setiap siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Ketuntasan Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64,28%, pada ada siklus II mencapai 89,28%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa meningkat 25% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan cooperative learning tipe TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sidomekar 07 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember.

Kata Kunci : Hasil belajar, TPS (Think Pair Share)

Author Biography

Kawit Supriana, FKIP UNEJ
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE TPS (Think Pair Share) PADA SISWA KELAS V SDN SIDOMEKAR 07 KECAMATAN SEMBORO KABUPATEN JEMBER Kawit Supriana Abstrak. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) diberikan sejak SD sampai SLTA. Dengan PKn seseorang akan memiliki kemampuan untuk mengenal dan memahami karakter dan budaya bangsa serta menjadikan warga negara yang siap bersaing di dunia internasional tanpa meninggalkan jati diri bangsa. PKn juga bermanfaat untuk membekali peserta didik agar memiliki kemampuan untuk mengelola dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti dan kompetitif. Pada kenyataannya, PKn dianggap ilmu yang sukar dan sulit dipahami. Berdasarkan pengamatan atau observasi pendahuluan yang peneliti lakukan, ditemukan bahwa siswa SDN Sidomekar 07 Semboro dalam melaksanakan diskusi kelas jarang sekali mengemukakan pendapat, mengajukan pertanyaan, apalagi mengajukan saran. Peneliti berusaha mencarikan model pembelajaran lain, sehingga pembelajaran lebih bermakna dan lebih berkualitas. Model pembelajaran yang akan di coba untuk melakukannya adalah model pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 Siklus. Setiap siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Ketuntasan Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64,28%, pada ada siklus II mencapai 89,28%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa meningkat 25% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan cooperative learning tipe TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sidomekar 07 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember. Kata Kunci : Hasil belajar, TPS (Think Pair Share)
Published
2015-08-01
How to Cite
SUPRIANA, Kawit. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE TPS (Think Pair Share) PADA SISWA KELAS V SDN SIDOMEKAR 07 KECAMATAN SEMBORO KABUPATEN JEMBER. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 69-78, aug. 2015. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/1712>. Date accessed: 22 nov. 2024.
Section
Articles