MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI MENGENAL SIFAT BENDA DAN KEGUNAANNYA DENGAN MEDIA REALITA PADA SISWA KELAS 1 B SDN SIDOMEKAR 08 JEMBER

  • S Suparni FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Karena kurangnya kreativitas guru dalam menentukan dan menggunakan media sebagai alat bantu pendidikan IPA itulah hasil belajar siswa kelas 1 B SDN Sidomekar 08 pada mata pelajaran IPA materi mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar masih belum memenuhi standar yang ditetapkan. Proses belajar mengajar yang dilakukan guru hanya menerima informasi melalui metode ceramah, sehingga pemebelajaran memjadi membosankan bagi siswa. Untuk itulah peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan mengambil langkah penggunaan media realita dengan metode demonstrasi sehingga siswa diajak langsung meklakukan dan mengamati apa yang diharapakan sesuai dengan materi pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: apakah media realita dapat meningkatkan hasil belajar IPA mengenal sifat benda dan kegunaannya pada siswa kelas 1 B SDN Sidomekar 08, Jember. Dalam penelitian ini tujuan yang ingin dicapai adalah sebagai berikut: mengkaji apakah melalui media realita dapat meningkatkan hasil belajar bidang studi IPA materi mengenal sifat benda dan kegunaannya, meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar IPA materi mengenal sifat benda. Hasil dari tes menunjukkan kemajuan dari siklus per siklus. Kondisi awal sebelum penelitian menunjukkan aktifitas siswa kurang aktif. Kondisi tersebut berubah pada proses pembelajaran yang dilaksanakan pada proses pembelajaran siklus I dan II. Untuk hasil belajar siswa, pada siklus satu terdapat perubahan yakni mayoritas siswa sudah mendapat nilai cukup dan tidak ada siswa yang mendapat nilai kurang. Pada siklus terakhir terdapat ketuntasan belajar yang tinggi yakni digambarkan bahwa mayoritas siswa (88%) mendapat nilai sangat baik dan 12% siswa mendapat nilai baik.

Kata Kunci : Hasil Belajar, IPA, Media Realita

Author Biography

S Suparni, FKIP UNEJ
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI MENGENAL SIFAT BENDA DAN KEGUNAANNYA DENGAN MEDIA REALITA PADA SISWA KELAS 1 B SDN SIDOMEKAR 08 JEMBER Suparni Abstrak. Karena kurangnya kreativitas guru dalam menentukan dan menggunakan media sebagai alat bantu pendidikan IPA itulah hasil belajar siswa kelas 1 B SDN Sidomekar 08 pada mata pelajaran IPA materi mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar masih belum memenuhi standar yang ditetapkan. Proses belajar mengajar yang dilakukan guru hanya menerima informasi melalui metode ceramah, sehingga pemebelajaran memjadi membosankan bagi siswa. Untuk itulah peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan mengambil langkah penggunaan media realita dengan metode demonstrasi sehingga siswa diajak langsung meklakukan dan mengamati apa yang diharapakan sesuai dengan materi pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: apakah media realita dapat meningkatkan hasil belajar IPA mengenal sifat benda dan kegunaannya pada siswa kelas 1 B SDN Sidomekar 08, Jember. Dalam penelitian ini tujuan yang ingin dicapai adalah sebagai berikut: mengkaji apakah melalui media realita dapat meningkatkan hasil belajar bidang studi IPA materi mengenal sifat benda dan kegunaannya, meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar IPA materi mengenal sifat benda. Hasil dari tes menunjukkan kemajuan dari siklus per siklus. Kondisi awal sebelum penelitian menunjukkan aktifitas siswa kurang aktif. Kondisi tersebut berubah pada proses pembelajaran yang dilaksanakan pada proses pembelajaran siklus I dan II. Untuk hasil belajar siswa, pada siklus satu terdapat perubahan yakni mayoritas siswa sudah mendapat nilai cukup dan tidak ada siswa yang mendapat nilai kurang. Pada siklus terakhir terdapat ketuntasan belajar yang tinggi yakni digambarkan bahwa mayoritas siswa (88%) mendapat nilai sangat baik dan 12% siswa mendapat nilai baik. Kata Kunci : Hasil Belajar, IPA, Media Realita
Published
2015-08-01
How to Cite
SUPARNI, S. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI MENGENAL SIFAT BENDA DAN KEGUNAANNYA DENGAN MEDIA REALITA PADA SISWA KELAS 1 B SDN SIDOMEKAR 08 JEMBER. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 11-20, aug. 2015. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/1705>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles