MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAI SEBAGAI UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN SISWA AKTIF KELAS IV SEMESTER GANJIL DI SDN TANJUNGSARI 01 KECAMATAN UMBULSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014

  • Siti Khodijah FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana manajemen pembelajaran PAI yang diterapkan di sekolah dan langkah-­langkah yang digunakan dalam meningkatkan siswa aktif. Adapun masalah yang diteliti yaitu: bagaimana manajemen pembelajaran PAI di SDN Tanjungsari 01 Kecamatan Umbulsari Jember, apa saja upaya guru yang di lakukan dalam Meningkatkan siswa aktif di SDN Tanjungsari 01 dan bagaimana manajemen pembelajaran PAI sebagai upaya guru dalam meningkatkan siswa aktif di SDN Tanjungsari 01. Dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan penelitian kualitatif secara deskriptif, dalam mencari data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi tentang manajemen pembelajaran PAI sebagai upaya guru dalam Meningkatkan siswa aktif di SDN Tanjungsari 01. Manajemen pembelajaran PAI di SDN Tanjungsari 01 Kecamatan Umbulsari Jember adalah pembelajaran yang menggunakan pola tematik yang diselaraskan dengan pola perkembangan pemikiran anak. SDN Tanjungsari 01 Kecamatan Umbulsari Jember juga menggupayakan untuk mengintegrasikan mata pelajaran, misalnya: materi pendidikan agama yaitu aqidah akhlaq. Dalam prakteknya, materi tersebut tidak langsung disampaikan secara sendiri tetapi disampaikan secara terpadu bersama materi lain. Langkah- langkah guru dalam meningkatkan siswa aktif yaitu menggunakan beberapa strategi diantaranya active learning, CTL, problem based learning, moving class. Sedangkan konsep pendidikannya menggunakan tiga konsep dasar yaitu integrated learning, joyfull learning, dan cooperative learning.

Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran PAI, Meningkatkan Siswa Aktif, Pembelajaran PAI

Author Biography

Siti Khodijah, FKIP UNEJ

MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAI SEBAGAI UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN SISWA AKTIF KELAS IV SEMESTER GANJIL DI SDN TANJUNGSARI 01 KECAMATAN UMBULSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Siti Khodijah[1]

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana manajemen pembelajaran PAI yang diterapkan di sekolah dan langkah-­langkah yang digunakan dalam meningkatkan siswa aktif. Adapun masalah yang diteliti yaitu: bagaimana manajemen pembelajaran PAI di SDN Tanjungsari 01 Kecamatan Umbulsari Jember, apa saja upaya guru yang di lakukan dalam Meningkatkan siswa aktif di SDN Tanjungsari 01 dan bagaimana manajemen pembelajaran PAI sebagai upaya guru dalam meningkatkan siswa aktif di SDN Tanjungsari 01. Dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan penelitian kualitatif secara deskriptif, dalam mencari data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi tentang manajemen pembelajaran PAI sebagai upaya guru dalam Meningkatkan siswa aktif di SDN Tanjungsari 01. Manajemen pembelajaran PAI di SDN Tanjungsari 01 Kecamatan Umbulsari Jember adalah pembelajaran yang menggunakan pola tematik yang diselaraskan dengan pola perkembangan pemikiran anak. SDN Tanjungsari 01 Kecamatan Umbulsari Jember juga menggupayakan untuk mengintegrasikan mata pelajaran, misalnya: materi pendidikan agama yaitu aqidah akhlaq. Dalam prakteknya, materi tersebut tidak langsung disampaikan secara sendiri tetapi disampaikan secara terpadu bersama materi lain. Langkah- langkah guru dalam meningkatkan siswa aktif yaitu menggunakan beberapa strategi diantaranya active learning, CTL, problem based learning, moving class. Sedangkan konsep pendidikannya menggunakan tiga konsep dasar yaitu integrated learning, joyfull learning, dan cooperative learning.

Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran PAI, Meningkatkan Siswa Aktif, Pembelajaran PAI


[1] Guru PAI SDN Tanjungsari 01 Umbulsari Jember

Published
2015-05-01
How to Cite
KHODIJAH, Siti. MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAI SEBAGAI UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN SISWA AKTIF KELAS IV SEMESTER GANJIL DI SDN TANJUNGSARI 01 KECAMATAN UMBULSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 21-34, may 2015. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/1549>. Date accessed: 03 may 2024.
Section
Articles