PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA MADING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERANAN TOKOH DALAM MEMPROKLAMASIKAN KEMERDEKAAN DI SDN ANTIROGO 04

  • Dwi Aminawati FKIP UNEJ
  • R Rahayu FKIP UNEJ
  • Chumi Zahroul F FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Motivasi belajar merupakan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar, dan yang memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki dapat tercapai. Motivasi belajar yang dimiliki siswa dalam pembelajaran sangat berperan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa dituntut aktif dalam proses pembelajaran dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) adalah jenis pembelajaran yang dirancang agar siswa mampu bekerjasama dalam kelompok yang terdiri dari 4-6 orang dan saling berbagi ide untuk menyelesaikan tugas akademik dengan tanggung jawab masing-masing. Metode pembelajaran tidak selalu dapat mengatasi masalah pembelajaran, diperlukan pula media agar siswa lebih mudah menerima materi yang diajarkan. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan secara kooperatif adalah media mading. Mading sebagai sarana/tempat informasi hasil kreativitas siswa berupa tulisan deskripsi peranan tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan. Pada pelaksanaannya, tahapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media mading adalah: (1) persiapan, (2) penomoran (numbering), (3) pertanyaan (questioning) dan berpikir bersama (heads together) meliputi menjawab pertanyaan pada media mading, (4) pemberian jawaban (answering) meliputi mempresentasikan isi mading, (5) kesimpulan, dan (6) memberi penghargaan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus model adaptasi Hopkins, pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media mading dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Numbered Heads Together (NHT), media mading, motivasi belajar, hasil belajar siswa.

Author Biography

Dwi Aminawati, FKIP UNEJ

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA MADING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERANAN TOKOH DALAM MEMPROKLAMASIKAN KEMERDEKAAN DI SDN ANTIROGO 04

Dwi Aminawati[1], Rahayu[2], Chumi Zahroul F [3]


[1] Guru SDN Antirogo 04 Jember

[2] Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Jember

[3] Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Jember

Published
2015-05-01
How to Cite
AMINAWATI, Dwi; RAHAYU, R; F, Chumi Zahroul. PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA MADING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERANAN TOKOH DALAM MEMPROKLAMASIKAN KEMERDEKAAN DI SDN ANTIROGO 04. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 1-10, may 2015. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/1547>. Date accessed: 03 may 2024.
Section
Articles