“VIDEO” SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN DALAM RANGKA MENDUKUNG KEBERHASILAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR

  • A Agustiningsih FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Tujuan kurikulum 2013 akan dapat terwujud apabila didukung dengan beberapa faktor yang salah satunya ialah kreativitas guru yang disesuaikan dengan kemajuan IPTEK. Kemajuan IPTEK, memberikan ruang kepada guru untuk dapat menciptakan berbagai variasi media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Pada buku siswa dan buku guru, sudah ada contoh media pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran hanya masih terbatas pada media visual. Video merupakan salah satu bentuk media pembelajaran yang dapat mengakomodir kebutuhan belajar siswa sesuai dengan kompetensi yang diamanahkan pada kurikulum. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SDN Ajung 03 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ditunjukkan dari hasil penghitungan selisih nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kontrol yang menunjukkan bahwa sebesar 7,8 dan sebesar 1,998, maka > yaitu 7,8>1,998 dari db=65 pada taraf signifikansi 5% sehingga dapat dinyatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media video lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakan media video atau dengan kata lain ditolak dan diterima. Mengacu pada hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan video terhadap hasil belajar siswa sehingga video dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran dalam rangka mendukung keberhasilan penerapan kurikulum 2013.

Kata Kunci: Penerapan Video, Kurikulum 2013,  Penelitian Eksperimen.

Author Biography

A Agustiningsih, FKIP UNEJ

VIDEO SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN DALAM RANGKA MENDUKUNG KEBERHASILAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR

Agustiningsih[1]

 

Abstrak. Tujuan kurikulum 2013 akan dapat terwujud apabila didukung dengan beberapa faktor yang salah satunya ialah kreativitas guru yang disesuaikan dengan kemajuan IPTEK. Kemajuan IPTEK, memberikan ruang kepada guru untuk dapat menciptakan berbagai variasi media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Pada buku siswa dan buku guru, sudah ada contoh media pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran hanya masih terbatas pada media visual. Video merupakan salah satu bentuk media pembelajaran yang dapat mengakomodir kebutuhan belajar siswa sesuai dengan kompetensi yang diamanahkan pada kurikulum. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SDN Ajung 03 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ditunjukkan dari hasil penghitungan selisih nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kontrol yang menunjukkan bahwa sebesar 7,8 dan sebesar 1,998, maka > yaitu 7,8>1,998 dari db=65 pada taraf signifikansi 5% sehingga dapat dinyatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media video lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakan media video atau dengan kata lain ditolak dan diterima. Mengacu pada hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan video terhadap hasil belajar siswa sehingga video dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran dalam rangka mendukung keberhasilan penerapan kurikulum 2013.

Kata Kunci: Penerapan Video, Kurikulum 2013,  Penelitian Eksperimen.


[1] Dosen Program Studi PGSD FKIP Universitas Jember

Published
2015-02-01
How to Cite
AGUSTININGSIH, A. “VIDEO” SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN DALAM RANGKA MENDUKUNG KEBERHASILAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 55-68, feb. 2015. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/1310>. Date accessed: 28 nov. 2020.
Section
Articles