PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TREFFINGER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI DI KELAS X SMKN 4 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Abstrak. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran pada mata pelajaran MPA (Melakukan Prosedur Administrasi) di SMKN 4 jurusan administrasi perkantoran 1, dengan menggunakan model treffinger dengan pendekatan kooperatif. Pembelajaran ini merupakan suatu model pembelajaran yang mendorong berfikir kreatif yaitu suatu proses berfikir yang membuat siswa berusaha untuk menemukan hubungan-hubungan baru, mendapat kan cara-cara baru dalam memecahkan suatu masalah. Pembelajaran model treffinger terdiri dari 3 tingkat yaitu fungsi divergen, proses berfikir dan perasaan yang majemuk,serta keterlibatan dalam masalah-masalah riil. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan tes. Yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa kelas X jururan Administrasi Perkantoran 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah model pembelajaran Treffinger yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran MPA (melakukan prosedur administrasi).
Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Model Traffinger