Membedah Sistem Pemerintahan Demokrasi dalam Islam

  • Uung Nasdia Universitas Jember
  • Honest Dodi Molasy Universitas Jember

Abstract

Demokrasi banyak diterapkan diberbagai negara guna mencapai tujuan negara, keadilan dan kesehteraan masyarakat. Dasar demokrasi, dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Konsep demokrasi dalam sistem pemerintahan menuai pro dan kontra, hingga yang “anti” terhadap demokrasi, karena merupakan “produk Barat”. Di sinilah letak pentingnya tulisan ini, ingin mengkaji tokoh yang memiliki peran penting dalam upaya memberikan solusi untuk sistem pemerintahan. Hasan Al Banna dan Abu A’la Al Maududi, mencoba menawarkan sistem pemerintah yang islami.


Kata Kunci: Demokrasi, Hasan Al Banna dan Abu A’la Al Maududi

Published
2019-09-04
How to Cite
NASDIA, Uung; MOLASY, Honest Dodi. Membedah Sistem Pemerintahan Demokrasi dalam Islam. Journal of Social and Political Science, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 53 - 65, sep. 2019. ISSN 2615-0964. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/jsps/article/view/13611>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
article

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.