Pengaruh Budaya Organisasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Gading Mas Indonesia Teguh (GMIT) Jember

  • Defina Anindhita Universitas Jember
  • Djoko Poernomo Ilmu Administrasi Bisnis, FISIP, Universitas Jember
  • I Ketut Mastika Ilmu Administrasi Bisnis, FISIP, Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Gading Mas Indonesia Teguh (GMIT) Jember, yang merupakan anak perusahaan ANJ Group yang bergerak di bidang agribisnis berfokus pada budidaya edamame. Penerapan nilai budaya organisasi yang kuat dan positif sebagai pedoman perilaku karyawan untuk melaksanan pekerjaan lebih baik, sedangkan disiplin kerja yang tinggi mendorong karyawan lebih bertanggung jawab terhadap pekerjaan sehingga kedua variabel ini dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh karyawan tetap PT Gading Mas Indonesia Teguh (GMIT) Jember berjumlah 41 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis sampling jenuh, karena seluruh anggota populasi dijadikan sampel.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan budaya organisasi dan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan baik Indonesia Teguh (GMIT) Jember.

Published
2023-10-16
How to Cite
ANINDHITA, Defina; POERNOMO, Djoko; MASTIKA, I Ketut. Pengaruh Budaya Organisasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Gading Mas Indonesia Teguh (GMIT) Jember. Jurnal Strategi dan Bisnis, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 118-126, oct. 2023. ISSN 2338-9575. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/jsb/article/view/41810>. Date accessed: 22 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jsb.v11i2.41810.