ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH SISWA SMK NEGERI 1 SINGOSARI
Abstract
Penelitian bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis kemampuan penalaran ilmiah siswa SMK. Penelitian survey ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian melibatkan 67 siswa SMK yang terdiri dari 39 laki-laki dan 28 perempuan. Data penalaran ilmiah diperoleh dari uji tes dalam bentuk pilihan ganda dengan instrument Lawson Clasroom Test of Scientific Reasoning (LCTSR). Instrument soal terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda two-tier yang mempunyai 5 indikator penalaran ilmiah. Indikator tersebut yaitu conservation of weight, proportional reasoning, dentification and control of variables, probabilistic thinking, dan hypothetico-deductive reasoning merepresentasikan tingkatan penalaran ilmiah yang dikuasai oleh siswa. Hasil uji tes dengan LCTSR menunjukkan bahwa pada indikator conservation of weight diperoleh sebesar 61,19%, proporsional reasoning sebesar 13,43%, control variable sebesar 22,39%, probability sebesar 56,72% dan hypotetical deductive reasoning sebesar 71,64%. Terdapat tiga tingkatan penalaran yaitu operasi konkret, transisional dan operasional formal. Hasil tes menunjukkan bahwa tingkat operasional siswa sebesar 37,31%, tingkat transisional sebesar 55,22% dan tingkat penalaran operasional formal sebesar 7,46%.