PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING POKOK BAHASAN INDUKSI ELEKTROMAGNETIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

  • Fella Yunika Sari Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember
  • Subiki Subiki Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember
  • Trapsilo Prihandono Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang penelitian pengembangan modul fisika berbasis Creative Problem Solving pokok bahasan induksi elektromagnetik dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas ahli dan validitas pengguna serta mengetahui tingkat efektifitas modul fisika yang dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian pengembangan Nieveen yang terdiri dari 3 tahap yaitu preliminary phase, prototyping phase, dan assessment phase. Preliminary phase berisi kegiatan observasi permasalahan pembelajaran yang ada sehingga diperoleh solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Prototyping phase terdiri dari kegiatan menyusun modul fisika berbasis Creative Problem Solving dan melakukan validasi modul yang dikembangkan. Assessment phase terdiri dari kegiatan uji coba terbatas dan uji lapangan untuk mengetahui tingkat efektifitas modul. Skor tingkat validitas modul diberikan oleh tiga validator dan dikalkulasi dan disimpulkan tingkat validitas dalam kategori validitas. Keefektifan modul dihitung menggunakan persamaan n-gain yaitu menggunakan perbandingan nilai pre-test dan post-test yang diberikan. Hasil dari penelitian ini adalah modul fisika dikatakan valid oleh 3 validator dengan tingkat validitas sangat valid dan dinyatakan reliabel dengan nilai reliabilitas 96%. Efektifitas modul dinyatakan meningkat dan termasuk dalam kategori sedang pada uji terbatas dengan skor 0,42 dan kategori sedang pada uji lapangan dengan skor 0,34.

Published
2019-01-07
How to Cite
SARI, Fella Yunika; SUBIKI, Subiki; PRIHANDONO, Trapsilo. PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING POKOK BAHASAN INDUKSI ELEKTROMAGNETIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 77-81, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9389>. Date accessed: 26 mar. 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.