KAJIAN DINAMIKA FLUIDA PADA ALIRAN AIR TERJUN TUJUH BIDADARI KABUPATEN JEMBER BERBASIS SENSOR WATERFLOW

  • M Anis Fuadi UNIVERSITAS JEMBER
  • Sri Astutik UNIVERSITAS JEMBER
  • Alex Harijanto UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dinamika fluida pada aliran air terjun tujuh bidadari yang terletak di kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan mikrokrontoller Atmega328 pada Arduino UNO yang dirancang dengan menambahkan sensor waterflow. Sensor Waterflow terdiri dari bodi katup plastik, rotor air dan sensor hall effect. Ketika air mengalir melalui rotor, maka rotor akan berputar sesuai dengan kecepatan aliran air yang mengalir melalui rotor tersebut. Langkah penelitian ini adalah dengan mengukur luas penampang aliran sungai air terjun tujuh bidadari dengan menggunakan pendekatan luas trapesium, kemudian mengukur besar debit menggunakan sensor waterflow, selanjutnya melakukan perhitungan matematis dengan menggunakan persamaan kontinuitas untuk mendapatkan besar kecepatan aliran sungai air terjun tujuh bidadari. Dari hasil penelitian ini didapatkan hubungan bahwa debit air pada setiap titik aliran sungai air terjun tujuh bidadari adalah relatif sama. Semakin besar luas penampang aliran sungai maka semakin kecil nilai kecepatan aliran sungai, begitupun sebaliknya semakin kecil luas penampang aliran sungai maka semakin besar nilai kecepatan aliran sungai air terjun tujuh bidadari.


Kata Kunci: Dinamika Fluida, Air Terjun, Tujuh Bidadari, Sensor Waterflow

Author Biographies

M Anis Fuadi, UNIVERSITAS JEMBER

Program Studi Pendidiksn Fisika, FKIP

Sri Astutik, UNIVERSITAS JEMBER

Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP

Alex Harijanto, UNIVERSITAS JEMBER

Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP

Published
2018-04-08
How to Cite
FUADI, M Anis; ASTUTIK, Sri; HARIJANTO, Alex. KAJIAN DINAMIKA FLUIDA PADA ALIRAN AIR TERJUN TUJUH BIDADARI KABUPATEN JEMBER BERBASIS SENSOR WATERFLOW. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 351-355, apr. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/7433>. Date accessed: 25 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.