PENGEMBANGAN LKS BERBASIS SCIENTIFIC REASONING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA PADA MATERI HUKUM NEWTON
Abstract
Dalam kurikum 2013, perlu adanya sumber belajar yang sesuai tuntutan kurikulum dengan
mempertimbangkan kebutuhan siswa misalnya LKS. Pembelajaran fisika terkadang kurang
mengeksplorasi kemampuan berfikir atau bernalar sehingga menyebabkan hasil belajar fisika masih
rendah. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk melatih kemampuan bernalar siswa, maka dikembangkan
LKS berbasis scientific reasoning untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa di SMA. Tujuan
Penelitian ini adalah untuk: (1) Megidentifikasi validitas LKS berbasis scientific reasoning, (2)
Mengidentifikasi keefektifan pembelajaran setelah menggunakan LKS berbasis scientific reasoning.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu R & D dengan model pengembangan Plomp yang
terdiri atas: (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi/kontruksi, (4) tes, evaluasi, dan revisi, (5)
implementasi. Berdasarkan hasil analisis data rerata validasi ahli 4,025 dan validasi pengguna 4,35 yang
dapat dikategorikan valid. Keefektifan ditinjau dari hasil belajar kognitif yang diperoleh dari uji coba
terbatas yang dilakukan pada 10 orang siswa kelas X SMA Negeri Pakusari. Hasil analisis data keefektifan
diperoleh dari hasil pre-test dan post-test, sehingga dihasilkan rata-rata N-gain 0,45 yang dapat
dikategorikan “sedang”. Sehingga dapat disimpulkan LKS berbasis scientific reasoning valid dan efektif
dalam pembelajaran fisika.
Kata kunci : LKS, Scientific Reasoning, Hasil Belajar