IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS (Mathematical Reasoning) SISWA SMA NEGERI DI JEMBER DALAM MENYELESAIKAN MASALAH FISIKA PADA POKOK BAHASAN DINAMIKA GERAK
Abstract
Pembelajaran fisika pada proses penyelesaian studi kasus maupun soal-soal diperlukan sebuah
kompetensi. Kompetensi yang diperlukan adalah kompetensi 3R yaitu Reading (membaca), wRiting
(menulis) dan aRitmatic (berhitung). Namun dalam perkembangannya, kompetensi pendidikan tidak
hanya cukup dengan 3R, namun ada kompetensi penalaran (Reasoning). Salah satu kemampuan
bernalar yang dibutuhkan pada pembelajaran fisika ada kemampuan penalaran matematis
(Mathematical Reasoning). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifkasi kemampuan penalaran
matematis siswa SMA Negeri di Jember dalam menyelesaikan permasalahan fisika pada pokok
bahasan dinamika gerak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskripif.
Subyek dari penelitian menggunakan purposive sampling. Responden dalam peneltian ini adalah
siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Jember, SMA negeri 1Arjasa dan SMA Negeri 1 Pakusari
Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes. Instrumen tes yang
digunakan berbentuk tes urraian.. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kemampuan penalaran
matematis rata-rata di SMA Negeri 1 Jember dengan katagori baik dengan persentase sebesar 67%.
Sedangkan nilai rata-rata penalaran matematis SMA Negeri 1 Arjasa tergolong katagori kurang
dengan persentase sebesar 37% dan rata-rata nilai tingkat kemampuan penaralan matematis siswa
SMA Negeri 1 Pakusari termasuk ke dalam katagori kurang dengan persentase nilai sebesar 26%.
Berdasarkan hasil wawancara siswa dengan nilai tinggi dan rendah secara garis besar siswa
mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal yang bersifat menggunakan variabel-variabel
matematika (tanpa menggunakan angka). Sedangkan pada proses penyelesaiannya siswa cenderung
kesulitan pada proses mengoperasikan persamaan untuk menghasilkan solusi matematika sehingga
berdampak terhadap indikator ke-4 yaitu menafsirkan solusi matematika atau evaluasi hasil akhir dari
proses penyelesaian masalah konsep fisika.
Kata Kunci: Pembelajaran Fisika, Kompetensi 3R, Penalaran Matematis, Dinamika Gerak