ANALISIS PENGUASAAN KONSEP INDUKSI ELEKTROMAGNETIK PADA SISWA KELAS XII SMA
Abstract
Penguasaan konsep adalah usaha yang harus dilakukan oleh siswa dalam merekam dan mentranfer kembali sejumlah informasi dari suatu materi pelajaran tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguasaan konsep induksi elektromagnetik pada siswa kelas XII SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode tes tulis. Istrumen yang digunakan berupa soal uraian yang terdiri dari 8 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Persentase penguasaan konsep induksi elektromagnetik yang mengacu pada indikator Taksonomi Bloom ranah kognitif yaitu, pengetahuan (knowledge) mencapai 56,67%, pemahaman (comprehension) 35,88%, penerapan (aplication) 20,47%, analisis (analysis) 39,13%, sintesis (sythesis) 62,53%, evaluasi (evaluation) 25,56%. (2) Penguasaan konsep pada sub pokok bahasan GGL induksi hukum Faraday berkategori kurang sekali dengan persentase 47,34%, sub pokok bahasan induktansi diri berkategori kurang sekali dengan persentase 35,33%, dan sub pokok bahasan penerapan konsep induksi elektromagnetik dalam teknologi berkategoti kurang sekali dengan persentase 36,16%.