PERANCANGAN PROTOTYPE GENERATOR PULSA MEDAN LISTRIK DC TEGANGAN MEDIUM DENGAN OUTPUT AMPLITUDO, DURASI, DUTY-CYCLE DAN FREKUENSI TERKOMBINASI

  • Sudarti .
  • Findi Diansari
  • Alex Harijanto

Abstract

Perpaduan frekuensi telah diaplikasikan dalam dunia elektronik dan sistem telekomunikasi terkini. Sebuah penelitian yang telah dipatenkan memaparkan sebuah metode pemaduan frekuensi yang dapat berganti dengan cepat, dapat dijeda, direntangkan dan disela. Perpaduan frekuensi tersebut berpotensi pula untuk dapat memberi banyak manfaat dalam sistem analog khususnya dalam bidang pengolahan makanan, kesehatan dan lingkungan melalui teknologi pulsa medan listrik. Kombinasi dari seluruh spesifikasi pulsa medan listrik yaitu amplitudo, durasi, duty-cycle dan frekuensi dapat berperan dalam efisiensi dua buah proses atau lebih yang berkesinambungan. Namun demikian, teknologi pulsa medan listrik konvensional belum dapat menghasilkan spesifikasi output yang terkombinasi. Melalui penelitian dan pengembangan ini, didesain sebuah rancangan rangkaian berdasarkan ekspektasi melalui perhitungan matematis, terdiri dari tujuh buah sub-sirkuit penyusun prototype, kemudian disimulasikan melalui software NI MultisimTM 14.0 dan diperoleh sebuah rancangan rangkaian prototype pulsa medan listrik DC tegangan medium dengan outputterkombinasi, yaitu amplitudo 1,36 kVDC; duty-cycle 29,77 %; frekuensi 1,15 Hz dan pulsa medan listrik 1,36 kVDC/cm pada 15,9 detik pertama serta spesifikasi output 1,66 kVDC; duty-cycle 42,04 %; frekuensi 1,98 Hz dan pulsa medan listrik 1,66 kVDC/cm pada durasi 5 detik berikutnya. Adapun, dalam bidang pendidikan hasil penelitian ini dapat berperan sebagai media pembelajaran materi osilasi gelombang listrik dinamis.

Published
2017-12-16
How to Cite
., Sudarti; DIANSARI, Findi; HARIJANTO, Alex. PERANCANGAN PROTOTYPE GENERATOR PULSA MEDAN LISTRIK DC TEGANGAN MEDIUM DENGAN OUTPUT AMPLITUDO, DURASI, DUTY-CYCLE DAN FREKUENSI TERKOMBINASI. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 9, dec. 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6252>. Date accessed: 29 mar. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.