ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA TENTANG ELASTISITAS DI KELAS XI SMA

  • Sri Handono Budi Prastowo
  • Diana Puspitasari
  • Trapsilo Prihandono

Abstract

Fisika merupakan ilmu yang bersifat empiris, artinya setiap hal yang dipelajari dalam fisika didasarkan pada hasil pengamatan tentang alam dan gejala-gejalanya. Salah satu kesulitan siswa pada pelajaran fisika yaitu pada materi elastisitas. Pada materi elastisitas masih sering terjadi miskonsepsi. Salah satu penyebabnya adalah karena kurang pahamnya siswa dalam menangkap dan memahami suatu konsep. Oleh karena itu dilakukan sebuah upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa yaitu dengan melakukan tes pemahaman konsep menggunakan indikator bloom. Tes pemahaman konsep bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman suatu konsep tentang elastisitas pada siswa. Indikator yang digunakan terdiri dari tiga tahapan yaitu translasi, interpretasi dan ekstrapolasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA 3 SMAN Jatiroto, XI MIPA 1 SMAN Tempeh dan XI MIPA 3 SMAN Candipuro. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep siswa paling baik terdapat pada konsep pegas yaitu pada indikator menghitung konstanta pegas yang disertai grafik hubungan antara gaya (F) dan pertambahan panjang (∆x) dengan nilai translasi 95,9%, interpretasi 95,9% dan ekstrapolasi 93,2%. Sedangkan pemahaman konsep paling rendah terdapat pada indikator menghitung konstanta masing-masing pegas dengan disajikan 3 buah pegas identik dengan nilai translasi 87,7%, interpretasi 88,5% dan ekstrapolasi sebesar 57,95%.

Published
2017-12-15
How to Cite
PRASTOWO, Sri Handono Budi; PUSPITASARI, Diana; PRIHANDONO, Trapsilo. ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA TENTANG ELASTISITAS DI KELAS XI SMA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 6, dec. 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6245>. Date accessed: 07 july 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.