SASTRA ANAK SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA UNTUK MENUMBUHKAN BERBAGAI KARAKTER DI ERA GLOBAL
Abstract
Abstrak: Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) hakekat sastra anak, (2) genre sastra anak, (3) manfaat sastra anak, (4) hakekat karakter, (5) sastra anak sebagai sarana pembelajaran bahasa dan sastra, dan (6) menumbuhkan karakter melalui sastra anak. Sastra anak merupakan sastra yang ditujukan kepada anak-anak agar anak mendapatkan banyak manfaat yang berguna di masa depan. Sastra anak memiliki karakteristik yang berbeda dari sastra orang dewasa. Sastra anak dan bahasa merupakan dua hal yang saling berhubungan. Seorang anak akan belajar bahasa melalui bunyi dan ucapan-ucapan yang didengar dari sekelilingnya, salah satunya melalui sastra yang berkembang di masyarakat. Dengan kata lain, bahasa digunakan sebagai media berkembangnya sastra. Sastra identik dengan perkembangan anak. Pasalnya mulai bayi anak sudah dikenalkan dengan dunia sastra. Sejak masih bayi dan belum mengenal tulisan, anak sudah akrab dengan bunyi-bunyian yang mengeksploitasikan permainan bahasa lewat puisi, prosa, cerita bergambar, lagu, tembang-tembang dolanan, dan berbagai cerita tradisional. Sastra anak memiliki peran bagi perkembangan psikologis dan perkembangan intelektual seorang anak. Dengan sastra seorang anak akan memperoleh kepuasan batiniah dan pengetahuannya akan bertambah. Oleh karena itu, sastra anak perlu dikembangkan dan diajarkan sejak dini agar kelak menjadi pribadi yang baik dan berwawasan luas. Melalui sastra seorang anak secara tidak langsung juga mempelajari bahasa. Selain itu, dapat menumbuhkan karakter-karakter baik pada anak melalui pesan-pesan yang terkandung dalam karya sastra..
Kata-kata Kunci: sastra anak, pembelajaran bahasa dan sastra, karakter