EKSISTENSI PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA YANG BAKU DI KALANGAN REMAJA

  • Dita Franesti Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Abstract

Abstrak: Pada masa sekarang ini pengaruh globalisasi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi sangat memengaruhi kehidupan masyarakat terutama kalangan remaja. Mulai dari gaya hidup, cara berpakaian, sampai bahasa yang digunakan pun banyak yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa. Bahkan banyak remaja yang malu jika menggunakan Bahasa Indonesia yang baku dan sesuai dengan aturan. Padahal, bahasa adalah identitas bangsa yang menjadi salah satu penghargaan bagi negera ini. Seharusnya sebagai generasi muda harus mampu untuk menjunjung tinggi Bahasa Indonesia sebagai bentuk pengabdian kepada negara. Penggunaan bahasa yang tidak baku sering kali kita temui di lingkungan sekitar kita, dan ironisnya hal tersebut sudah dianggap lumrah. Salah satu penyebab pudarnya penggunaan Bahasa Indonesia yang baku adalah adanya pengaruh dari bahasa luar ataumodernisasi. Hal ini memicu munculnya istilah bahasa gaul di kalangan remaja. Kemunculan bahasa gaul inilah yang menjadi penyebab tergesernya Bahasa Indonesia yang baku. Para remaja yang terbiasa menggunakan Bahasa Gaul, dalam pembicaraan formal pun mereka akan lupa untuk berbicara dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Maka, hal ini benar-benar memerlukan perhatian khusus dan tindakan nyata dari semua pihak yang peduli dengan eksistensi penggunaan Bahasa Indonesia secara
baik dan benar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan cara menyadarkan masyarakat Indonesia terutama para generasi penerus bangsa ini bahwa bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional harus kita utamakan penggunaannya.


Kata Kunci: Bahasa Baku, Bahasa Gaul, Pengaruh Bahasa

Published
2021-04-23
How to Cite
FRANESTI, Dita. EKSISTENSI PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA YANG BAKU DI KALANGAN REMAJA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 39-50, apr. 2021. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/24015>. Date accessed: 07 oct. 2022.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.