STRATEGI PEMBELAJARAN DARING MATAPELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP MUHAMMADIYAH 1 JEMBER

  • Arju Muti'ah Universitas Jember
  • Bambang Edi Purnomo Universitas Jember
  • Endang Sri Widayati

Abstract

Abstrak: Sektor pendidikan merupakan salah satu sektor yang paling terdampak oleh Pandemi Covid-19. Dapat dikatakan interaksi antara peserta didik dan pendidik hampir seratus persen bergantung pada teknologi informasi. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kompetensi guru bahasa Indonesia dalam menggunakan strategi pembelajaran bahasa Indonesia yang tepat di Masa Pandemi Covid-19 ini dengan memanfaatkan aplikasi teamlink dan WhatsApp. Program ini dilaksanakan1 dengan melibatkan guru bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 1 Jember beserta siswa kelas VIII dalam diskusi dan praktik pembelajaran melalui dengan memanfaatkan kedua jenis aplikasi tersebut. Kegiatan ini telah memberikan dampak positif dengan meningkatnya motivasi dan kompetensi guru dalam memanfaatkan
sarana pertemuan daring baik untuk kegiatan sinkronus maupun asinkronus. Capaian ini memberikan dampak positif pula bagi peserta didik dangan meningkatnya motivasi dan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran.


Kata Kunci : Strategi pembelajaran daring, Teamlink, Pandemi Covid-19, Matapelajaran bahasa Indonesia, WhatsApp

Published
2021-04-22
How to Cite
MUTI'AH, Arju; PURNOMO, Bambang Edi; WIDAYATI, Endang Sri. STRATEGI PEMBELAJARAN DARING MATAPELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP MUHAMMADIYAH 1 JEMBER. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 1-17, apr. 2021. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/23983>. Date accessed: 19 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.