PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS LITERASI DIGITAL DI ERA 4.0: TANTANGAN DAN HARAPAN
Abstract
Abstrak: Revolusi Industri generasi keempat telah lahir. Era 4.0 ini membuat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bergerak cepat dan canggih. Informasi yang cepat dan berlimpah dapat dimanfaatkan oleh seseorang untuk mengembangkan diri, termasuk dalam dunia pendidikan khususnya pembelajaran bahasa Indonesia. Literasi digital dalam pembelajaran bahasa Indonesia di era 4.0 banyak manfaatnya. Misalnya, mendapatkan informasi, mengunggah hasil kerja peserta didik di media sosial, dan mengerjakan soal. Tantangan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di era 4.0, diantaranya (1) kompetensi guru dan peserta didik dalam berliterasi digital, (2) sarana prasarana, dan (3) kurikulum yang sesuai. Sedangkan harapan yang ingin dicapai dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis literasi digital adalah guru menjadi lebih ‘melek’ teknologi, mempermudah kerja guru, dan memperluas pengetahuan peserta didik.
Kata kunci: pembelajaran, bahasa Indonesia, literasi digital