MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE CREATIVITY (CC) BERBASIS SETS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN FISIKA
Abstract
Pembelajaran fisika menjelaskan fenomena alam berupa konsep, teori, dan prinsip memecahkan permasalahan secara ilmiah sehingga untuk mendapatkan solusinya tidak hanya melalui kecerdasan siswa tetapi juga menggunakan kemampuan berpikir kreatif dalam mencari alternatif solusi yang dihadapkan. Kemampuan berpikir kreatif sangat penting karena merupakan bagian dari komponen kognitif yang membantu siswa mencapai keberhasilan proses pembelajaran serta untuk menciptakan berbagai alternatif solusi dari suatu permasalahan. Kenyataannya kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah karena aktivitas pembelajaran yang berpusat pada guru serta sulitnya memecahkan permasalahan dengan berbagai alternatif solusi. Peneliti menawarkan suatu solusi melalui cara pembelajaran yang berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Collaborative Creativity (CC) berbasis SETS merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa melalui kerjasama antar individu melalui proses ilmiah untuk tujuan menyelesaikan tugas bersifat kreatif dengan menghubungkan permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari terkait dengan lingkugan, teknologi, dan masyarakat (SETS) yang mampu menumbuhkan daya berpikir kreatif, inisiatif, tanggungjawab dan mampu bekerja sama dengan teman disekitarnya. Adapun kemampuan berpikir kreatif akan dinilai menurut indikator kemampuan berpikir kreatif yang dikembangkan oleh peneliti sebelumnya. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif yang dilaksanakan dijenjang SMA. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa utamanya dalam pembelajaran fisika dapat ditingkatkan melalui pembelajaran collaborative creativity (CC) berbasis SETS.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Collaborative Creativity (CC), SETS