STUDI LITERATUR PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMK NEGERI 1 SINGOSARI

  • Dinda Taruna Nagara
  • Anggraining Widiningtyas
  • Edi Supriyana

Abstract

Di era modern ini, pembelajaran sains sesuai dengan kurikulum terbaru menuntut siswa membangun pengetahuannya sendiri dan belajar mandiri. Guru berperan sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran.. Hasil observasi menunjukkan bahwa pembelajaran sains belum terlaksana dengan baik ditandai dengan siswa belum aktif saat pembelajaran berlangsung di kelas, siswa belum membaca materi modul yang diberikan oleh guru sebelumnya dan guru mengajar dengan model direct instruction. Solusi dari permasalahan tersebut dapat diatasi dengan pendekatan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing agar guru tidak telibat secara langsung dalam pembelajaran dan pemahaman konsep siswa menjadi meningkat. Model tersebut juga memiliki kelebihan yaitu untuk menghindari pembelajaran yang bersifat ceramah, siswa mampu mengasimilasi dan mengakomodasi dari informasi dan siswa mampu mengembangkan prestasi belajar karena pembelajaran berpusat pada siswa.
Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, , pemahaman konsep

Published
2019-12-27
How to Cite
NAGARA, Dinda Taruna; WIDININGTYAS, Anggraining; SUPRIYANA, Edi. STUDI LITERATUR PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMK NEGERI 1 SINGOSARI. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 115-119, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15149>. Date accessed: 19 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.