IDENTIFIKASI MISKONSEPSI ELASTISITAS PADA SISWA KELAS XI DI SMAN 4 JEMBER

  • Silmi Lailatun Nisa
  • Sri Handono Budi Praswoto
  • Eny Setyowati

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami oleh siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Jember khusunya pada materi Elastisitas. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI MIPA 1 yang berjumlahkan 35 orang. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Data penelitian diperoleh dari pemberian soal tes pemahaman konsep Elastisitas yang berupa soal essay sebanyak 6 soal yang dilengkapi dengan CRI (Certainty of Response Index). Penggunaan CRI dalam penelitian adalah CRI dengan index 0-5 (skala enam). Perolehan data penelitian dapat diketahui bahwa sebanyak 26 % siswa mengalami miskonsepsi, sebanyak 18 % siswa mengalami tidak pahamnya konsep Elastisitas dan sebanyak 56 % siswa telah memahami konsep Elastisitas. Berdasarkan data, miskonsepsi yang dialami oleh yaitu: (a) membedakan benda elastis dan plastis, (b) menentukan modulus Young, (c) menentukan beban yang menggantung di susunan pegas campuran, (d) menentukan energy potensial pegas, dan (e) menyusun sendiri susunan pegas secara campuran. Berdasarkan penelitian ini, diharapkan dapat memberikan informasi tentang miskonsepsi yang dialami oleh siswa pada pokok bahasan Elastisitas serta dapat dijadikan sebagai pedoman untuk melanjutkan penelitian ini.
Kata Kunci : miskonsepsi, elastisitas, CRI (Certainty of Response Index)

Published
2019-12-27
How to Cite
NISA, Silmi Lailatun; PRASWOTO, Sri Handono Budi; SETYOWATI, Eny. IDENTIFIKASI MISKONSEPSI ELASTISITAS PADA SISWA KELAS XI DI SMAN 4 JEMBER. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 107-110, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15146>. Date accessed: 25 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.