KOMPUTASI KETINGGIAN ALIRAN DENGAN VARIASI KEMIRINGAN BERBASIS FORTRAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PERCOBAAN FLUIDA

  • Erni Midiawati

Abstract

Laboratorium merupakan unit pendukung proses akademik yang penting. Hal ini dikarenakan laboratorium digunakan sebagai pelayanan internal dan eksternal yang dijadikan ukuran kualitas pelayanan Fakultas dari dalam dan luar Kampus baik oleh mahasiswa, dosen dan stakeholder. Disamping itu, dengan adanya perubahan kurikulum dari berbasis kompetensi menjadi Kurikulum Kerangka Nasional Indonesia (KKNI), maka laboratorium sebagai unit pendukung harus lebih baik pengelolaannya. Oleh karena itu, perlu ditingkatkan kualitas pelayanan dengan sarana alat peraga fisika yang lengkap, sehingga mutu pelayanan internal maupun eksternal dapat ditingkatkan. Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah membuat media pembelajaran berbasis visual, sehingga perancangan alat peraga dalam praktikum di FKIP Universitas Jember dapat memberikan dorongan mahasiswa dalam membuat media pembelajaran yang digunakan dalam memenuhi praktikum mata kuliah Fisika Dasar dan Teknik Laboratorium. Persamaan kontuinitas dipisahkan menjadi persamaan non adveksi dan persamaan adveksi. Komputasi ini menggunakan program fortran dengan saluran yang memiliki variasi slope 0,001 dan 0,002 serta debit 0,01 m3/s searah dengan sumbu x. Sedangkan kondisi batas menggunakan batas waktu 50 detik dan interval waktu 0,1 detik. Hasil komputasi menunjukkan bahwa hasil simulasi perubahan muka air dapat memperlihatkan penurunan muka air 1,5 m pada waktu 8,9 detik ketika melewati perubahan lebar saluran dari 1 meter ke 0,8 meter..
Kata kunci: komputasi, kontinuitas, numerik, momentum, adveksi, non adveksi

Published
2019-12-27
How to Cite
MIDIAWATI, Erni. KOMPUTASI KETINGGIAN ALIRAN DENGAN VARIASI KEMIRINGAN BERBASIS FORTRAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PERCOBAAN FLUIDA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 81-86, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15141>. Date accessed: 24 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.