SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) PADA PEMBELAJARAN IPA SMP

  • Dyah Intan Prismasari
  • Aniek Hartiwi
  • Indrawati Indrawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan pendekatan STEM terhadap hasil belajar IPA siswa SMP kelas 7. Penelitian ini dilakukan dengan metode pre-experimental dengan desain penelitian one group pre-test-post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7 dengan jumlah 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa setelah pembelajaran dengan pendekatan STEM. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan pendekatan STEM pada materi pemisahan campuran dengan cara filtrasi (penyaringan) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai gain sebesar 0,4 (kategori sedang).
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran IPA, Pendekatan STEM

Published
2019-12-27
How to Cite
PRISMASARI, Dyah Intan; HARTIWI, Aniek; INDRAWATI, Indrawati. SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) PADA PEMBELAJARAN IPA SMP. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 43-45, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15123>. Date accessed: 28 feb. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.