%A Adabiyah, Khoirotul %A Putri, Eka Agustina R %D 2018 %T VIDEOSCRIBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA PADA SISWA KELAS IV SD %K %X Hubungan antara makhluk hidup dan lingkungan merupakan salah satu materi IPA yang diajarkan pada siswa kelas 4 SD. Materi ini mempelajari tentang hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Media Videoscribe adalah media pembelajaran berupa video animasi yang dapat membantu siswa untuk lebih memahami materi dan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran tentang hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya menggunakan aplikasi sparkol videoscribe. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Reseacrh and Development (penelitian dan pengembangan) model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran videoscribe dapat meningkatkan ketertarikan siswa dalam pembelajaran IPA. Media ini juga dapat digunakan untuk menanamkan rasa cinta terhadap lingkungan yang merupakan salah satu bentuk pendidikan karakter. %U https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9361 %J FKIP e-PROCEEDING %0 Journal Article %P 17-27%@ 2527-5917 %8 2018-12-28