Diagnosa Penyakit Akibat Jamur pada Tanaman Padi (Oryza sativa) di Sawah Penduduk Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat

  • Rahmawati Rahmawati Universitas Tanjungpura
  • Achmad Jailanis

Abstract

Salah satu penyakit yang biasanya menyerang tanaman padi di Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya yaitu penyakit yang disebabkan oleh jamur. Penelitian ini bertujuan untuk mendiagnosa penyakit yang disebabkan oleh jamur pada tanaman Padi (Oryza sativa) di sawah penduduk Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Sampel diambil di lahan persawahan milik petani yang merupakan masyarakat di Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Diagnosa penyakit disebabkan oleh jamur dilakukan dengan cara memotong beberapa helai daun padi yang terserang penyakit dan telah ditumbuhi miselium jamur. Berdasarkan hasil pengamatan ditemukan adanya penyakit layu daun yang diduga disebabkan oleh jamur anggota spesies Fusarium sp., penyakit hawar daun yang diduga disebabkan oleh jamur anggota spesies Helminthosporium sp., penyakit hawar pelepah daun yang diduga disebabkan oleh jamur anggota spesies Rizhoctonia sp., dan penyakit bercak daun coklat sempit yang diduga disebabkan oleh jamur anggota spesies Cercospora oryzae.


 


Kata Kunci: Penyakit, Jamur, Padi, Sungai Kakap, Kubu Raya

Author Biography

Rahmawati Rahmawati, Universitas Tanjungpura

Jurusan Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Tanjungpura, Pontianak

Published
2017-05-24
How to Cite
RAHMAWATI, Rahmawati; JAILANIS, Achmad. Diagnosa Penyakit Akibat Jamur pada Tanaman Padi (Oryza sativa) di Sawah Penduduk Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Saintifika, [S.l.], v. 18, n. 2, p. 1-7, may 2017. ISSN 2502-2768. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/view/4156>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles