MODEL EVALUASI COUNTENANCE STAKE MENGGUNAKAN PENDEKATAN ANALISIS RASCH TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH KOLABORATIF

  • rayendra wahyu bachtiar Pendidikan Fisika, Universitas Jember

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji keterampilan mahasiswa secara kolaboratif menyelesaikan saat diberikan permasalahan pembelajaran dan disebut Collaborative Problem Solving (CPS). Metode yang digunakan untuk mengkaji keterampilan CPS mahasiswa menggunakan evaluasi countenance stake. Analisis skema observation dan judgement menggunakan pendekatan Model Rasch. Metode pengumpulan data secara observasi untuk keterampilan CPS meliputi Cognitive Skills dan Social Skills, data lembar hasil penyelesaian masalah (LO), dan Kuesioner pengalaman belajar mahasiswa (CEQ). Hasil analisis congruence dan contigency dengan Model Rasch menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki cognitive skills yang cukup baik, namun social skills mahasiswa tidak dimiliki secara maksimal. Sehingga tingkat keberhasilan penyelesaian masalah masih kurang dari standar karena berbagai potensi ide solusi seluruh anggota tidak terakomodir secara baik. Selain itu, temuan penelitian memberikan rekomendaasi perlunya kajian lebih lanjut terkait keterempilan bernalar dan berpikir kreatif mahasiswa dalam menyelesaikan masalah agar diketahui kreativitas berpikir dan cara bernalar seperti apa yang digunakan mahasiswa untuk mengambil keputusan atau solusi permasalahan.
How to Cite
BACHTIAR, rayendra wahyu. MODEL EVALUASI COUNTENANCE STAKE MENGGUNAKAN PENDEKATAN ANALISIS RASCH TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH KOLABORATIF. Saintifika, [S.l.], v. 18, n. 1, sep. 2016. ISSN 2502-2768. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/view/3186>. Date accessed: 02 may 2024.
Section
Articles