Pengembangan Perangkat Laboratorium IPA Berbasis Energi Alternatif untuk Sekolah Dasar di Daerah Terpencil
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat laboraturium IPA berbasis energi alternatif untuk Sekolah Dasar di daerah terperpencil. Metode penelitian yang digunakan adalah mengikuti rangkaian penelitian pengembangan (Research and Development). Perangkat laboraturium yang dikembangkan terdiri dari penuntun praktikum, lembar kerja siswa (LKS) dan Peralatan praktikum. Hasil pengembangan berupa enam judul praktikum, lima judul kegiatan untuk LKS dan enam jenis peralatan praktikum. Hasil penilaian ahli menunjukkan bahwa penuntun praktikum dan LKS sudah memadai untuk digunakan dengan kategori baik dan sangat baik. Berdasarkan penuntun praktikum dan LKS dibuat peralatan praktikum. Peralatan praktikum ini dilakukan ujicoba laboraturium dengan melibatkan lima orang asisten. Hasil uji coba menunjukkan bahwa peralatan sudah berfungsi namun masih ada yang perlu diperbaiki. Hasil penilaian guru-guru menyatakan bahwa penuntun praktikum dan LKS dapat digunakan untuk pembelajaran IPA SD. Dari hasil penilaian ahli, ujicoba lab dan penilaian guru-guru SD dapat disimpulkan telah dihasilkan  perangkat laboraturium IPA SD yang baik dan dapat digunakan untuk siswa SD.
How to Cite
WERDHIANA, I Komang.
Pengembangan Perangkat Laboratorium IPA Berbasis Energi Alternatif untuk Sekolah Dasar di Daerah Terpencil.
Saintifika, [S.l.], v. 18, n. 1, sep. 2016.
ISSN 2502-2768.
Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/view/3184>. Date accessed: 22 nov. 2024.
Issue
Section
Articles