PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD DAPATMENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI TENTANG EKSKRESI PADA MANUSIA

  • Moh. Taufiq SMP Negeri 8 Kota Pasuruan

Abstract

Penyempurnaan kurikulum dilakukan untuk merespon tuntutan terhadap kehidupan globalisasi, perkembangan IPTEK, serta mempersiapkan siswa dalam menampilkan keunggulan dirinya yang tangguh, kreatif, mandiri, dan professional serta bertanggung jawab sesuai dengan standar mutu nasional. Salah satu strategi yang dapat mewujudkan tujuan diatas adalah melalui model pembelajaran tipe STAD. Apakah model pembelajaran ini akan menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa dalam merespon pelajaran . Oleh karena itu dilakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan mengetahui  prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif dan eksperimental. Populasi penelitian adalah siswa UPT SMP Negeri 8 Pasuruan semester ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel yang  digunakan adalah penarikan sampel acak berkelompok (cluster random sampling). Sampel penelitian terdiri dari kelas IX-E sebagai kelompokeksperimen .Instrumen yang digunakan meliputi RPP ,hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian meliputi analisis deskriptif proses pembelajaran, dan hasil belajar siswa. Dengan model pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan prestasi hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran , hal ini terlihat dari skor penilaian hasil belajar siswa pada tindakan I sebesar 40% yang tidak tuntas, menurun pada siklus II menjadi 23,3% yang tidak tuntas dan ada kenaikan siswa yang tuntas belajar sebanyak 16,7%.
How to Cite
TAUFIQ, Moh.. PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD DAPATMENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI TENTANG EKSKRESI PADA MANUSIA. Saintifika, [S.l.], v. 17, n. 1, aug. 2016. ISSN 2502-2768. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/view/3132>. Date accessed: 06 may 2024.
Section
Articles