Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Pengembangan Bahan Ajar

  • Diyah Ayu Widyaningrum IKIP Budi Utomo Malang

Abstract

Berdasarkan observasi pembelajaran pada matakuliah pengembangan bahan ajar di IKIP Budi Utomo Malang Jurusan Pendidikan Biologi, secara garis besar kegiatan pembelajaran  menggunakan model diskusi presentasi. Kegiatan diskusi presentasi yang dilakukan belum mampu mengakomodasi keaktifan mahasiswa. Sehingga diperlukan proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan penerapan pembelajaran berbasis proyek. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar mahasiswa pada matakuliah pengembangan bahan ajar melalui pembelajaran berbasis proyek. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Langkah PTK meliputi perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, dan evaluasi/Refleksi. Langkah tersebut dilakukan pada setiap siklus. Data yang didapatkan berupa data lembar observasi serta aktivitas kelompok dalam pembelajaran. Secara keseluruhan, aktivitas belajar mahasiswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 69,03% menjadi sebesar 86,03% pada siklus II. Mahasiswa mampu melaksanakan seluruh tahapan proyek dengan baik pada siklus II. Produk yang dihasilkan sesuai dengan tuntutan kurikulum.
How to Cite
WIDYANINGRUM, Diyah Ayu. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Pengembangan Bahan Ajar. Saintifika, [S.l.], v. 18, n. 1, sep. 2016. ISSN 2502-2768. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/view/2770>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles