Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Materi Sistem Saraf, Indera, dan Hormon
Abstract
Pembelajaran Biologi saat ini ditekankan pada pendekatan kontekstual dan konstruktivisme dimana bukan saja pengetahuan yang mereka peroleh namun bagaimana mereka dapat menyikapi dan menerapkan apa yang telah mereka pelajari. Berdasarkan hasil observasi bahwa proses pembelajaran mata pelajaran Biologi seringkali dilakukan secara presentasi secara monoton dan belajar mandiri sehingga siswa kurang tertarik dan cenderung tidak memperhatikan. Siswa dituntut menggunakan lembar kegiatan siswa (LKS) yang kurang terarah dan kurang sesuai dengan kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) yang ditetapkan. Upaya pemecahan masalah yang dihadapi adalah dengan adanya inovasi bentuk lembar kegiatan siswa yang dirancang secara khusus berdasarkan KI dan KD serta karakteristik siswa dan kebutuhan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan lembar kegiatan siswa yang layak dan valid yang sesuai dengan KI dan KD. Metode penelitian yang digunakan sesuai dengan model pengembangan Thiagarajan dengan empat tahap yakni define, design, develop, dan disseminate namun dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop saja. Objek penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 9 Malang. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa hasil penilaian validator menunjukkan kriteria valid dan layak untuk dipergunakan.
How to Cite
HIDAYATI, Nuril.
Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Materi Sistem Saraf, Indera, dan Hormon.
Saintifika, [S.l.], v. 17, n. 2, june 2016.
ISSN 2502-2768.
Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/view/2737>. Date accessed: 23 nov. 2024.
Issue
Section
Articles