Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Reciprocal Teaching (RT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang

  • Dwi Candra Setiawan IKIP Budi Utomo Malang

Abstract

Proses pembelajaran pada saat ini menuntut guru untuk lebih kreatif dan inovatif. Selain itu pendidik juga harus peka terhadap setiap permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran, sehingga permasalahan tersebut dapat segera diatasi. Pada saat ini muncul berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah pelaksanaan proses pembelajaran pendidik yang masih pada hasil belajar kognitif saja, sehingga kemampuan siswa yang lain seperti metakognitif kurang diberdayakan. Permasalahan tersebut perlu diatasi, salah satunya dengan menerapkan strategi pembelajaran Reciprocal Teaching (RT). Tujuan penelitian ini ialah menjelaskan peningkatan proses pembelajaran dengan memperhatikan kemampuan metakognitif mahasiswa setelah diterapkan startegi pembelajaran Reciprocal teaching. Dalam penelitian ini digunakan dua siklus dengan masing-masing siklus mempunyai 4 tahap. Tahap-tahap ini berupa siklus spiral yang meliputi kegiatan 1) perencanaan, 2) pemberian tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Sampel penelitian yang digunakan adalah mahasiswa angkatan 2014 Kelas C sebanyak 45 orang. Hasil penelitian menunjukkan strategi pembelajaran Reciprocal Teaching (RT) dapat meningkatkan kemampuan metakognitif mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang
How to Cite
SETIAWAN, Dwi Candra. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Reciprocal Teaching (RT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Saintifika, [S.l.], v. 17, n. 2, june 2016. ISSN 2502-2768. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/view/2735>. Date accessed: 23 sep. 2019.
Section
Articles