PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN AUTHENTIC ASSESMENT BERBASIS WEB BERPROGRAM MOODLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH MAHASISWA FISIKA

  • Pramudya Dwi Aristya Putra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan authentic assessment berbasis web dengan program moodle dan menerapkannya dalam pembelajaran mata kuliah IPA terpadu sehingga meningkatkan hasil belajar mahasiswa. authentic assessment yang dikembangkan meliputi paper asisgment, portofolio dan written test. Subyek penelitian adalah mahasiswa pendidikan fisika kelas x berjumlah 25 mahasiswa. penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan alur studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan, validasi. Studi lapangan meliputi analisis kurikulum, analisis mahasiswa, analisis tugas, perumusan indikator dan sarana prasana. Setelah semua perangkat dirancang maka dilakukan validasi. setelah divalidasi maka dilakukan pengunggahan perangkat beserta dengan tugas-tugas pada program e-learning. Hasil dari penelitian ini authentic assement yang dikembangkan mampu meningkatkan hasilbelajar siswa yang miliputi segi kognitif, psikomotor dan afektif. Ketiga unsur yang telah dikembangkan dalam penelitian ini adalah penggambaran dari kemampuan berpikir ilmiah mahasiswa pendidikan fisika.
Published
2013-12-01
How to Cite
PUTRA, Pramudya Dwi Aristya. PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN AUTHENTIC ASSESMENT BERBASIS WEB BERPROGRAM MOODLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH MAHASISWA FISIKA. Saintifika, [S.l.], v. 15, n. 2, dec. 2013. ISSN 2502-2768. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/view/1444>. Date accessed: 28 apr. 2024.
Section
Articles