PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG DI KELAS III TUNA GRAHITA SDLBN KEDUNGKANDANG MALANG

  • Lilik Sulistyawati

Abstract

Banyak pembelajaran yang monoton. Hal itu disebabkan oleh motode yang digunakan tidak variatif. Padahal metode merupakan cara yang dipakai guru untuk memberi kesempatan siswanya agar memahami materi yang diajarkan. Salah satu metode yang memakai pembelajaran yang menyenangkan, tetapi tanpa harus mengorbankan tujuan yang ingin dicapai. Dengan memakai dasar tersebut, dirumuskan sebuah masalah yaitu bagaimana efektivitas metode permainan bentuk teka-teki silang dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III Tuna Grahita SDLB Kedungkandang Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Permainan Teka Teki Silang di Kelas III Tuna Grahita SDLB Kedungkandang Malang. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas karena mencoba mencari metode yang tepat sebagai solusi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia aspek Kesastraan. Dalam melakukan penelitian, peneliti memakai langkah penelitian yaitu (1) refleksi awal, (2) merumuskan masalah, (3) melakukan tindakan (acting), (4) melakukan Observasi (Observasing), (5) melakukan refleksi data (reflecting), dan (6) merancang daur ulang. Penelitian ini menggunakan tiga siklus. Instrument yang dipakai yaitu tes. Teknik pengumpulan datanya memakai (1) observasi, (2) angket, dan (3) analisis tugas siswa. yang menjadi subjek penelitian yaitu enam siswa kelas III tuna grahita SDLB Kedungkandang Malang dan seorang guru SDLB Kedungkandang Malang. Hasil yang didapat setelah dilakukan penelitian yaitu metode permainan bentuk teka-teki silang sangat efektif diterapkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia aspek kesastraan pada siswa kelas III tuna grahita SDLB Kedungkandang Malang. Hal ini terlihat pada hasil refleksi setiap siklus yang selalu mengalami peningkatan hasil belajarnya.
Published
2013-12-01
How to Cite
SULISTYAWATI, Lilik. PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG DI KELAS III TUNA GRAHITA SDLBN KEDUNGKANDANG MALANG. Saintifika, [S.l.], v. 15, n. 2, dec. 2013. ISSN 2502-2768. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/view/1442>. Date accessed: 28 apr. 2024.
Section
Articles