PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TUNA GRAHITA SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB) NEGERI KEDUNGKANDANG KOTA MALANG PADA MATERI SUMBER ENERGI TAHUN PELAJARAN 2011-2012

  • . kuswidodo

Abstract

Usaha meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPA bagi siswa tuna grahita memerlukan suatu terobosan dan pengembangan atau metode pembelajaran yang berfariasi. Perkembangan teknologi dalam pembelajaran siswa tuna grahita sangat diharapkan guna mendapatkan hasil yang maksimal dalam proses pembelajaran di kelas. Namun peralatan dan metode pembelajarannya masih sangat terbatas cenderung stagnan tanpa perkembangan. Kendala utama yang dihadapi guru dalam pembelajaran IPA di sekolah adalah sulitnya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi ajar, akibatnya hasil belajar yang diperoleh siswa juga belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penerapan metode eksperimen merupakan salah satu metode yang perlu diuji dan diteliti pemanfaatan dan kegunaannya dalam proses pembelajaran IPA pada siswa tuna grahita. Metode tersebut dapat melibatkan semua indera yang ia miliki (penglihatan, perabaan, pendengaran, penciuman dan pencecap). Dengan mengoptimalkan semua indera yang ada dapat mempermudah anak dalam mengingat dan menghafal. Semakin banyak faktor yang dilibatkan dalam proses pembelajaran akan semakin lengkap dan sempurna tanggapan anak terhadap suatu obyek pembelajaran. Dalam penelitian ini penulis menekankan pada penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber energi dengan obyek penelitian siswa kelas IV tuna grahita SDLB Negeri Kedungkandang kota Malang tahun pelajaran 2011-2012 yang berjumlah 10 anak, Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus , sedangkan masing – masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu, (1). Penyusunan Rencana Tindakan. (2). Pelaksanaan Tindakan, (3). Observasi. (4). Refleksi. Analisa data dilaksanakan dengan menggunakan metode Analisis Deskriptif Kualitatif. Kesimpulan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV tuna grahita SDLB Negeri Kedungkandang Kota Malang pada materi sumber energi tahun pelajaran 2011-2012.
Published
2013-12-01
How to Cite
KUSWIDODO, .. PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TUNA GRAHITA SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB) NEGERI KEDUNGKANDANG KOTA MALANG PADA MATERI SUMBER ENERGI TAHUN PELAJARAN 2011-2012. Saintifika, [S.l.], v. 15, n. 2, dec. 2013. ISSN 2502-2768. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/view/1441>. Date accessed: 28 apr. 2024.
Section
Articles