PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PERKALIAN DENGAN CARA PENJUMLAHAN DAN MEMAKAI ALAT BANTU SEMPOA BAGI ANAK TUNA RUNGUKELAS III SDLBN KEDUNGKANDANG MALANG

  • Hersi Nurwati

Abstract

Di dalam proses pembelajaran peranan guru sangatlah penting, guru dituntut kemampuannya untuk mengembangkan kreatifitasnya dalam menciptakan dan menumbuhkan minat belajar dan kreatif siswa. Dalam pembelajaran matematika agar siswa cepat menangkap pembelajaran dengan mudah dan dapat mengerjakan tugas dengan cepat selesai, maka guru perlu memberikan cara-cara dan memakai alat bantu yang dapat memudahkan siswa di dalam mengerjakan tugas. Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang sangat penting, sebab dalam kehidupan sehari-hari kita selalu membutuhkan perhitungan-perhitungan yang melibatkan angka-angka. Perhitungan itu dapat berupa perkalian, penjumlahan, pengurangan atau pembagian. Maka dari itu pemberian mata pelajaran matematika hendaknya dapat untuk memberikan bekal bagi siswa dalam kehidupannya di masyarakat kelak. Dengan pengetahuan matematika yang baik, maka akan dapat melaksanakan pekerjaan yang menyangkut dengan perdagangan atau ekonomi. Karena begitu pentingnya kegunaan perhitungan maka yang perlu kita berikan kepada siswa antara lain tentang system perkalian dengan menggunakan cara penjumlahan dangan alat bantu sempoa. Dari hasil PTK dengan 3 siklus didapat, bahwa metode penjumlahan dan alat sempoa dapat meningkatkan prestasi belajar perkalian anak Tuna Rungu kelas III SDLBN Kedungkandang.
Published
2013-12-01
How to Cite
NURWATI, Hersi. PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PERKALIAN DENGAN CARA PENJUMLAHAN DAN MEMAKAI ALAT BANTU SEMPOA BAGI ANAK TUNA RUNGUKELAS III SDLBN KEDUNGKANDANG MALANG. Saintifika, [S.l.], v. 15, n. 2, dec. 2013. ISSN 2502-2768. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/view/1439>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles