MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KARAKTER SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PIPI CODIA DI KELAS IVB SDLBN KEDUNGKANDANG MALANG TAHUN AJARAN 2012/2013

  • Sunar Sulistiyani

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk untuk mengetahui prestasi belajar dan karakter siswa dengan Model Pembelajaran Pipi Codia di Kelas IVB SDLBN Kedungkandang Malang. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas IVB SDLBN Kedungkandang Malang pada semester gasal tahun pelajaran 2012/2013 pada Kelas IVB yang berjumlah 4 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua kali tindakan (siklus). Guru menggunakan predikat Amat baik (A), Baik (B), Cukup (C), Kurang (K), Sangat Kurang (SK) untuk penilaian karakter siswa. Dalam penelitian ini pelajaran IPA yang diberikan pada kelas IV B semester I tentang Makhluk hidup dan proses kehidupan pada Stadar Kopetensi : Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya. Model Pembelajaran Pipi Codia adalah singkatan dari Picture and picture with Colour Diagaram model pembelajaran yang memadukan model pembelajaran Picture and picture dengan Colour Diagaram diharapkan metode belajar yang menggunakan gambar dan dipasangkan / diurutkan menjadi urutan logis dan gambar-gambar tersebut dapat memperlihatkan atau menerangkan sesuatu dengan diagram venn berwarna. Peningkatan Prestasi belajar diperoleh dengan ketuntasan belajar secara individu rata-rata 85 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 100%. Peningkatan karakter siswa dengan menggunakan model pembelajaran Pipi Codia mencapai predikat B.
Published
2013-01-01
How to Cite
SULISTIYANI, Sunar. MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KARAKTER SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PIPI CODIA DI KELAS IVB SDLBN KEDUNGKANDANG MALANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Saintifika, [S.l.], v. 15, n. 2, jan. 2013. ISSN 2502-2768. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/view/1438>. Date accessed: 28 apr. 2024.
Section
Articles