NILAI ESTETIKA FILM DOKUMENTER EKSOTIKA MERU BETIRI

  • Gita Pradhana Diputra, S.Sn. Program Studi Televisi dan Film Universitas Jember
  • Denny Antyo Hartanto, S.Sn., M.Sn. Program Studi Televisi dan Film Universitas Jember
  • Christanto P Raharjo Sastra Indonesia Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini membahas tentang teori estetik bobot A.A.M Djelantik untuk menemukan unsur-unsur keindahan  dalam film dokumenter Eksotika Meru Betiri di tinjau dari aspek sinematografi. Tujuan penelitian dilakukan adalah untuk mendeskripsikan unsur-unsur  keindahan dalam film dokumenter Eksotika Meru Betiri dan mengetahui peranan sinematografi dalam mempertegas nilai estetik bobot, yaitu : suasana, gagasan, dan anjuran yang terkandung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terdapat nilai-nilai keindahan pada film dokumenter Eksotika Meru Betiri, yaitu nilai keindahan alam, keindahan moral, keindahan susila, dan keindahan akal. Aspek-aspek sinematografi yang digunakan adalah berfokus pada aspek framing, yaitu hubungan kamera dengan objek seperti batasan wilayah gambar, jarak, ketinggian dan pergerakan kamera.


 

Published
2022-10-31
How to Cite
DIPUTRA, Gita Pradhana; HARTANTO, Denny Antyo; RAHARJO, Christanto P. NILAI ESTETIKA FILM DOKUMENTER EKSOTIKA MERU BETIRI. ROLLING, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 128-155, oct. 2022. ISSN 2963-0835. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ROLLING/article/view/20607>. Date accessed: 15 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/rolling.v5i2.20607.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.